Menu
RSS

BNPP Dorong Kerjasama Luar Negeri

  • Ditulis oleh 
BNPP Dorong Kerjasama Luar Negeri BNPP Dorong Kerjasama Luar Negeri

Tasbara News -Jakarta, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ambil inisiatif untuk lebih mendorong kerjasama luar negeri dalam pengelolaan perbatasan, terutama dengan negara-negara tetangga RI. "Kerjasama BNPP dalam skala nasional di dalam negeri, telah mulai  dikembangkan dengan perguruan tinggi seperti UGM dan IPB, dan saatnya kita perluas skala dan orientasi kerjasama dengan negara laindi perbatasan", demikian ungkap Drs Robert Simbolon MPA, Kepala Biro Perencanaan, Hukum, dan Kerjasama (PKH) dalam pembukaan rapat koordinasi kerja sama, 25 Mart 2014 di Hotel Acasia, Jakarta.

Rapat yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menginisiasipelaksanaan kerja sama dengan mitra ini, menghadirkan naara sumber Kapala Pusat Administrasi Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, yang diwakili Mohamad Arief. Di samping itu, hadir Asisten Deputy Pengelolaan Lintas Batas Negara (Tasbara) BNPP, Dr.Soni Sumarsono,MDM  yang memaparkan "Kerjasama Luar Negeri dalam Perspektif Pengelolaan Lintas Batas Negara", yang mengangkat isu Sosekmalindo dan inisiasi pembentukan Malindo Reasearch Centre (MRC) kerjasama UGM dengan Universitas Utara Malaysia (UUM) dalam koordinasi dan fasilitasi BNPP di Indonesia dan Majelis Keselamatan Negara (MKN) di Malaysia.

Dalam rapat tersebut, Arief yang mewakili Kapus AKLN menjelaskan bagaimana kerjasama luar negeri harus dilakukan. Prosedur dan pengalaman penlaksanaannya di Kemendagri, dipaparkan secara jelas.

Hadir pula pada kesempatan ini, Dr Tumpak Simanjuntak,MA,  Asdep Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Asdep Infrastruktur Fisik BNPP, dan sejumlah pejabat di lingkungan BNPP sebagai peserta.

"Sebuah langkah awal yang bagus", ungkap Ferry, Kabag Kerjasama, Biro PKH, yang menjadi pennaggung jawab teknis kerjasama di BNPP. ***RED

Info for bonus Review William Hill here.