Menu
RSS

Dari Tanjung Datu Hingga Pulau Sebatik, Ini Garis Batas Darat Indonesia di Kalimantan Utama

  • Ditulis oleh 
Peta Perbatasan Darat Indonesia dan Malaysia (dok BNPP) Peta Perbatasan Darat Indonesia dan Malaysia (dok BNPP)

BNPP - Perbatasan darat antara Indonesia dengan Malaysia memiliki jarak yang sangat panjang, yakni mencapai 2.004 km. Saking panjangnya, tidak cukup sehari untuk melintasi jalur darat tersebut menggunakan kendaraan. Apalagi jalan kaki, bisa bengkak borderers.

Jarak panjang itu membentang dari Tanjung Datu di Kelurahan Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat di sebelah barat hingga ke Pulau Sebatik di Kabupaten Nunukan, Propinsi Kalimantan Utara di sebelah timur. Simpelnya, dari Tanjung Datu hingga Pulau Sebatik. Itu masing-masing ujungnya.

Mari dibaca pelan-pelan. Merujuk, Rencana Induk Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2015-2019 sebagaimana diatur Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melalui Peraturan BNPP Nomor 1 Tahun 2015, diketahui jika garis batas darat dari Tanjung Datu ke Pulau Sebatik itu melintasi 8 kabupaten di tiga propinsi. Masing-masing Kalimantan Barat, Kalimatan Timur dan Kalimantan Utara. 

Di Propinsi Kalimantan Barat, daerah yang dilintasi garis batas darat ada di lima kabupaten. Rinciannya Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sambas, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Bengkayang.

Berlanjut di Propinsi Kalimantan Timur, tercatat ada satu kabupaten yang dilintasi garis batas darat yaitu Kabupaten Kutai Barat. Terakhir, dua kabupaten di Kalimantan Utara masing-masing Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan.

Penting diingat lagi borderers, batas darat Indonesia dengan Malaysia memiliki jarak 2.004 km, membentang di tiga propinsi dimana ujung sebelah barat berada di Tanjung Datu dan ujung sebelah timur berada di Pulau Sebatik. 

Dari 2.004 km batas darat Indonesia dengan Malaysia, rincian garis perbatasan darat di Kalimantan Barat tercatat sepanjang 966 km. Perlu diketahui juga bahwa batas darat di Kalimantan Barat ini memisahkan wilayah NKRI dengan wilayah Serawak Malaysia. 

Sementara garis perbatasan darat di Provinsi Kalimantan Timur sepanjang 48 kilometer dan di Kalimantan Utara sepanjang 990 km memisahkan wilayah NKRI dengan negara bagian Sabah dan Serawak, Malaysia.

Semoga bermanfaat

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.