Menu
RSS

Items filtered by date: Senin, 02 April 2018

Perlu Terobosan Untuk Percepat Pembangunan Perbatasan

  • Diterbitkan pada berita

BNPP - Pelaksana Tugas Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (Plt Ses BNPP) Widodo Sigit Pudjianto menginginkan adanya terobosan dari jajaran pegawai BNPP dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah perbatasan negara.

Menurut Sigit, diperlukan kejelasan evaluasi capaian kinerja dalam membangun wilayah perbatasan, sesuai dengan payung hukum dan aturan yang berlaku.

"Terobosan yang akan dilaksanakan harus didukung data dan hasil evaluasi, sehingga akan tepat sasaran," ujar Sigit yang juga menjabat Kepala Biro Hukum Kemendagri, di Jakarta, Senin (2/4).

Dia menekankan perlunya dibuat evaluasi berupa pengumpulan data capaian yang dikerjakan BNPP selaku koordinator sejumlah kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah. Kemudian, sambungnya, data tersebut akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar dievaluasi lalu diusulkan solusi terhadap apa yang belum tercapai maupun sedang berproses.

"Sebagai contoh, pembangunan jalan batas negara, misal jalan 1000Km tapi yang dibangun baru 100Km. Kita baru bangun 100Km, kita pengennya dibangun dua tahun. Waktunya jangan lama-lama. Setelah ini datanya bagaimana, di-update lagi, konfirmasi dengan K/L. Setelah itu ditandatangan semua dari K/L, jangan sampai data sudah di upload tau-tau salah," ucap Sigit.

Dirinya juga menyinggung soal ketegasan. Seluruh jajaran di BNPP didorong untuk bisa bersikap pasti dalam berkoordinasi dengan pihak terkait demi percepatan pembangunan wilayah perbatasan, terutama di 187 kecamatan yang merupakan lokasi prioritas (lokpri). Selain itu, akan dilaporkan juga kepada presiden soal adanya aturan yang dinilai menghambat sinergitas pihak-pihak terkait dalam upaya pembangunan di wilayah perbatasan. 

"Saran saya sampaikan ke presiden bahwa ini harus diselesaikan. Jadi hari ini pentingnya itu, apa yang disampaikan, masukkan deputi dan yang lain tolong betul-betul dicatat, sampaikan. Kedepan saya berharap masing-masing punya dokumen." (Humas BNPP)

 

Lebih lanjut...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.