Menu
RSS
Subscribe to this RSS feed

Dialog Interaktif Mewarnai NAWACITA pada Rapat Koordinasi Pembangunan Perbatasan 2015

Dialog  interaktif  pada  Rakorbangtas  sangat   penting  untuk  memberikan sebuah   catatan-catatan   kritis   sekaligus   pemikiran   bagi   pemerintah tentang   hal-hal   yang   perlu   ditingkatkan  dalam  membangun   kekuatan ekonomi   dan   meningkatkan   kesejahteraan,   kemakmuran,   dan pembangunan.

Lebih lanjut...

Rapat Riview Laporan Kinerja (Lapkin) Tahun 2015

Jakarta – Biro Perencanaan, Kerjasama, dan Hukum (PKH), BNPP RI, Selasa  (17 Febuari 2015), telah melaksanakan Rapat Riview Laporan Kinerja (Lapkin) Tahun 2015 bertempat di Gedung B  BNPP, Jl. Ampera Raya (Kampus IPDN) Cilandak Jakarta Selatan. Rapat dipimpin oleh Drs. Robert Simbolon, MPA (Kepala Biro PKH, BNPP), Narasumber Drs. Nugroho  (Inspektur Wilayah 1, Itjen Kemendagri) dengan dihadiri para pejabat dan staf di lingkungan BNPP.

Lebih lanjut...

4 Tahun BNPP: Unjuk Kinerja dan Peluang Investasi di Kawasan Perbatasan

Jakarta,Tasbara News- Melanjutkan semarak 4 Tahun berdirinya Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP-RI) dan mensosialisasikan potensi yang terdapat di perbatasan, BNPP gelar Pameran Terpadu Pengelolaan Perbatasan Negara pada tanggal 23-24 September 2014 di Grand Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Pameran dibuka oleh Sekretaris BNPP Triyono Budi Sasongko mewakili Kepala Badan BNPP sekaligus Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Lebih lanjut...
Subscribe to this RSS feed

Indonesia Keren di Perbatasan

 

MARI jalan-jalan ke perbatasan, merasakan sensasi dengan langkah maju mundur, seolah telah keluar masuk negara lain, menyapa para tentara yang menjaga kedaulatan negara, juga mengobrol dengan warga negeri tetangga yang masih menjadikan Indonesia sebagai rumah keduanya. Acara melancong istimewa itulah yang saya lakukan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) otaain, Atambua, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada penghujung Oktober lalu.

Lebih lanjut...

Tidak Perlu Jauh-Jauh Pergi Ke Luar Negeri Untuk Menyaksikan Keindahan Dunia Cukup Ke Pedalaman Kalimantan Di Wilayah Perbatasan Republik Indonesia – Malaysia) Print Email

Mahakam ulu adalah salah satu kawasan perbatasan darat yang secara geostrategic merupakan pintu gerbang dari wilayah Indonesia ke Wilayah Malaysia (Serawak). Kabupaten Mahakam Ulu dibentuk pada Tahun 2013 dengan ibukota Ujoh Bilang yang terletak di Kecamatan Long Bangun.

Lebih lanjut...

Evaluasi Dan Pengawasan Pengelolaan Infrastruktur Kesejahteraan Rakyat Kawasan Perbatasan

Pernyataan Presiden RI Ir. Joko Widodo bahwa perbatasan negara adalah jendela kita, kita harus punya kebanggaan. Pernyataan ini sangat memperlihatkan keseriusan Presiden RI –Wakil Presiden RI (2014-2019) dengan agenda strategis (Nawacita ke-3), seperti apa yang sampaikan Deputi Bidang Pengelola Infrastruktur Kawasan Perbatasan Bapak Eko Subowo dalam sambutannya pada Rapat evaluasi dan pengawasan pengelolaan infrastruktur kesejahteraan rakyat kawasan perbatasan, yang dilaksanakan pada tanggal 24 s/d 25 Mei 2016 di Hotel Good Way Batam.

Lebih lanjut...

Penggunaan Gedung / Kantor Baru BNPP dalam Memicu Semangat Pelaksanaan Tugas, Peningkatan Kinerja Serta Memperlancar Koordinasi dengan Stakeholders sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perbatasan dan Memperkokoh Kedaulatan NKRI

Pengelolaan perbatasan negara selama 5 tahun kedepan (2015-2019) di arahkan pada upaya perwujudan perbatasan negara sebagai beranda / halaman depan negara. sejalan dengan agenda strategis / nawacita ke-3 presiden ri 2014 - 2019, maka pengelolaan perbatasan negara akan diselenggarakan dalam rangka “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”, dengan mulai “Meletakkan Dasar-Dasar Kebijakan desentralisasi asimetris, yaitu dengan menetapkan dan melaksanakan kebijakan keberpihakan (affirmative policy) kepada daerah-daerah yang saat ini masih terisolir, tertinggal, dan terbelakang, terutama pada kawasan perbatasan negara dan pulau-pulau kecil terluar”.

Lebih lanjut...

Pentingnya Penguatan Kelembagaan dan Keputusan Politik Terhadap Pengelola Perbatasan untuk Mengatasi Isu-Isu Strategis Perbatasan

Wilayah perbatasan dalam beberapa waku terakhir menjadi sorotan. Pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla belakangan sangat gencar mengumandangkan isu pembangunan daerah perbatasan dengan berupaya mengejawantahkan Nawacita ketiga, membangun Indonesia dari pinggiran. Nawa Cita ketiga itu selengkapnya berbunyi “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”.

Lebih lanjut...

Isu-Isu Strategis Perbatasan Negara Perspektif Badan Nasional Pengelola Perbatasan

Sebagai negara kepulauan dengan garis pantai sekitar 81.900 kilometer, Indonesia memiliki wilayah perbatasan dengan sejumlah negara, baik perbatasan darat (kontinen) maupun laut (maritim). Untuk wilayah perbatasan darat berada di tiga pulau dan lima provinsi. Berbatasan langsung dengan Malaysia, Papua Nugini (PNG), dan Timor Leste. Masing-masing perbatasan memiliki karakteristik tersendiri, baik dari sisi kondisi ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Sementara untuk wilayah laut, Indonesia berbatasan dengan sejumlah negara, yakni India, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Republik Palau, Australia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Wilayah perbatasan laut umumnya berupa pulau-pulau terluar termasuk pulau-pulau kecil.

Lebih lanjut...

Perayaan Natal Bersama Kemendagri dan BNPP

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melaksanakan Perayaan Natal Bersama yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, yang didampingi Ibu dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, dan juga para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemendagri dan BNPP.

Lebih lanjut...
Info for bonus Review William Hill here.