Menu
RSS

4 Tahun BNPP: Unjuk Kinerja dan Peluang Investasi di Kawasan Perbatasan

  • Ditulis oleh 
4 Tahun BNPP: Unjuk Kinerja dan Peluang Investasi di Kawasan Perbatasan 4 Tahun BNPP: Unjuk Kinerja dan Peluang Investasi di Kawasan Perbatasan

Jakarta,Tasbara News- Melanjutkan semarak 4 Tahun berdirinya Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP-RI) dan mensosialisasikan potensi yang terdapat di perbatasan, BNPP gelar Pameran Terpadu Pengelolaan Perbatasan Negara pada tanggal 23-24 September 2014 di Grand Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Pameran dibuka oleh Sekretaris BNPP Triyono Budi Sasongko mewakili Kepala Badan BNPP sekaligus Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

“Pameran Terpadu Pengelolaan Perbatasan Negara bertujuan untuk mempublikasikan berbagai peluang usaha serta ruang partisipasi masyarakat dalam pengelolaan batas wilayah negara sekaligus untuk membangun komunikasi antara berbagai pihak terkait pengembangan dan pedayagunaan potensi kawsan perbatsan yang diarahkan untuk menopang upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat perbatasan”, ujar Triyono.

Dalam pameran, para pengunjung dimanjakan oleh stand-stand pameran dari K/LPNK, Pemerintah Daerah serta Mitra Pengelolaan Perbatasan. Suasana lokalitas terasa begitu kental saat kita memasuki stand Daerah yang memamerkan keunikan daerah perbatasan seperti makanan tradisional, baju daerah, serta galeri foto potensi daerah. Tak ketinggalan juga, para pengunjung bisa membeli oleh-oleh khas daerah perbatasan sebagai buah tangan dan kenang-kenangan.

 Selain pameran, diadakan juga business meeting  yang dimoderatori oleh Asisten Deputi Lintas Batas Negara (Asdep Tasbara) BNPP Dr.Soni Sumarsono, MDM dengan mengundang narasumber Zulkifli H. Adam (walikota Sabang), Herman Nai Ulu, S.H,M.Hum (Bupati Malaka), Ir. Frederik Bid,M.Si (Kepala Badan Pengelolaan Kawasan Perbatasan Pedalaman dan Daerah Teringgal Provinsi Kalimantan Timur),  Prof. Dr. Dediyanto sebagai perwakilan akademisi.

Business Meeting berjalan begitu dinamis dan antusias karena BNPP membuka ruang dialog yang luas bagi pelaku usaha terutama anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan pemerintah daerah terkait peluang pengembangan dan pedayagunaan potensi kawasan perbatasan. Diharapkan hal ini dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha dan peluang investasi berbasis potensi yang dapat ditindaklanjti dengan kesepahaman dan kerjasama antara pemerintah daerah dengan dunia usaha.

 “Pameran Terpadu Pengelolaan Perbatasan Negera 2014 ini menunjukkan bahwa kawasan perbatasan mempunyai potensi yang sangat luas. Potensi tersebut baru bisa dioptimalkan dengan sinergi antara pemerintah dengan dunia usaha serta riset-riset dari dunia akdemisi sebagai kompas. Memang saat ini masih ditemui beberapa kendala. Namun kedepannya saya optimis komitmen pemerintah baru untuk membangun Indonesia dari daerah pinggiran akan membawa perubahan yang signifikan bagi beranda depan negara”, ujar Sumarsono saat membacakan resume business meeting sekaligus menutup pameran terpadu hari pertama mewakili Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Dr.Ir. Suhatmansyah.IS, M.Si.*RED

Info for bonus Review William Hill here.