Menu
RSS

Items filtered by date: Jumat, 06 April 2018

Keberhasilan Pemerintah Bangun Perbatasan Harus Diinformasikan Dengan Baik

  • Diterbitkan pada berita

BNPP - Plt Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Widodo Sigit Pudjianto menekankan pentingnya penyampaian informasi mengenai keberhasilan pemerintah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan. Utamanya pembangunan di perbatasan sebagaimana dicanangkan Presiden Joko Widodo. 

Dalam Nawa Cita butir ketiga, Presiden Jokowi diketahui memprioritaskan pemerataan pembangunan yang berkeadilan yakni 'membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan'.

"Saya kepengin ke depan bisa bersinergi menginformasikan keberhasilan pemerintah, salah satunya keberhasilan pemerintah membangun perbatasan," kata Sigit saat melakukan kunjungan media (media visit) ke Kantor Pusat Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI), Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (6/4/2018). 

Turut mendampingi Plt Sekretaris BNPP Widodo Sigit Pudjianto, Kepala Biro Keuangan, Umum dan Humas (KUH) Komaedi dan Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha Pimpinan Andri Indrawan. Kunjungan diterima Kapus Pemberitaan RRI Widhie Kurniawan yang diwakili Kabid Siaran Berita Tri Umi Setyowati dan Kepala Bidang Media Online Dadan Sutaryana. 

Menurutnya, keberadaan RRI yang menjangkau hingga ke pelosok negeri merupakan poin plus dalam menginformasikan kerja-kerja pemerintah. Ia berharap ke depan akan terjalin kerja sama yang sinergis dengan BNPP sehingga penyampaikan informasi mengenai perbatasan menjadi lebih massif. 

Sinergisitas dimaksud, lanjut Sigit yang juga Kepala Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), misalnya dengan fasilitasi live tanya jawab dengan masyarakat perbatasan. Ia siap menjawab masukan, saran hingga keluhan masyarakat di perbatasan. 

"Kalau ada masukan dan keluhan dari masyaralat perbatasan, nanti kami (BNPP) yang menjawab," jelasnya. 

Kapus Pemberitaan RRI Widhie Kurniawan diwakili Kabid Siaran Berita Tri Umi Setyowati menyambut baik kunjungan Plt Sekretaris BNPP Widodo Sigit Pudjianto. Ia mengatakan RRI sejauh ini senantiasa menginformasikan berbagai kerja-kerja pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla. 

Untuk pemberitaan mengenai perbatasan, RRI telah mengagendakan acara Dialog Perbatasan yang disiarkan setiap Hari Jumat ke seluruh pelosok Indonesia. Stasiun RRI diberbagai daerah secara rutin juga menginformasikan pembangunan Pos Lintas Batas Negara dan di kawasan perbatasan, baik di Kalimantan, Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT). 

(Humas BNPP)

Lebih lanjut...

Kepala BNN Ajak Stakeholder Bersatu Tanggulangi Narkoba di Perbatasan

  • Diterbitkan pada berita

BNPP - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarno melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat, untuk meninjau sejumlah sarana dan fasilitas di pos perlintasan yang berbatasan dengan negara Malaysia.

 

Peninjauan  dilakukan di gedung utama PLBN Entikong, zona netral, jalur keberangkatan dan kedatangan bagi pelintas batas, serta melihat kondisi kendaraan mobile x-ray dan Jalur Inspeksi Pararel Perbatasan (JIPP).

Pada kesempatan ini, Heru mengajak seluruh stakeholder (yang berkepentingan) di perbatasan agar menyatukan langkah dan menghilangkan ego sektoral dalam penanggulangan peredaran narkoba.

"Khususnya pada jalur ilegal (jalur tikus) yang ada di sepanjang perbatasan antara Indonesia dan Malaysia," ucap dia di PLBN Entikong, Kamis (5/6).

Dalam kunjungannya, Kepala BNN didampingi Anggota Komisi III DPR RI dari F-PDI Perjuangan Erwin TPL Tobing dan Direktur Narkoba Polda Kalbar. Rombongan disambut Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Entikong, Kapolres Sanggau, Kapolsek Entikong, Danramil Entikong, Dansatgas Pamtas 642/ Kapuas, Kepala Kanim Entikong, Kepala KPP BC Entikong, Sekcam Entikong, Koordinator P4TKI Entikong, serta unsur terkait lainnya. 

Diketahui, di sejumlah titik wilayah perbatasan, khususnya 'jalur tikus', dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dalam menjalankan aksi kejahatan. Bahkan pihak kepolisian mencatat ada 10 jenis tindak kejahatan yang memanfaatkan 'jalur tikus' di perbatasan. Diantaranya, narkoba, perdagangan manusia, penyelundupan senjata api, terorisme dan kejahatan transnasional. (Humas BNPP/PLBN Entikong)

 

 

Lebih lanjut...

Kemendag Pantau Kesiapan Sarpras di Terminal Barang Internasional Entikong

  • Diterbitkan pada berita

BNPP - Kementerian Perdagangan RI  melakukan koordinasi dan konsultasi dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) terkait kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) di Terminal Barang Internasional Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis (5/4).

 

Pengoperasian Terminal Barang Internasional (Dry Port) ini nantinya akan mengatur arus ekspor dan impor antara Indonesia dengan Malaysia. 

"Dengan adanya Dry Port kita akan menginventarisasi, mencatat barang ekspor impor antara Indonesia dan Malaysia", kata Kepala Seksi Transportasi dan Kepelabuhan Subbid Fasilitasi Sarana dan Prasarana Perdagangan, Asep Wahyudin, saat meninjau sarana dan prasarana Terminal Internasional Entikong.

Proses pembangunan Terminal Barang Internasional Entikong saat ini sudah 40 persen dan ditargetkan sudah beroperasi pada akhir 2018.

Dry Port diharapkan dapat memotivasi warga lokal untuk membuka usaha seperti rumah makan dan lain sebagainya. Selain itu, diharapkan juga mampu menarik perhatian wisatawan asing yang singgah di lokasi yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia ini.

Sejumlah Kementerian turut terlibat dalam pembangunan Terminal Barang Internasional Entikong, diantaranya Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perdagangan. (Humas BNPP/PLBN Entikong)

 

Lebih lanjut...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.