Menu
RSS

Items filtered by date: Selasa, 24 Juli 2018

Jadi Prioritas, Menlu RI-Malaysia Bahas Penyelesian Batas Wilayah Negara

  • Diterbitkan pada berita

BNPP - Persoalan penyelesaian batas wilayah negara menjadi salah satu topik pembahasan  antara Menteri Luar Negeri RI Retno L Marsudi dengan Menlu Malaysia Y M Saifuddin Abdullah.

Pertemuan bilateral terkait kunjungan kenegaraan Menlu Malaysia ke Indonesia, Senin (23/7). Penyelesaian batas wilayah kedua negara dinilai penting dan menjadi prioritas untuk segera diselesaikan.

Menlu Retno mengatakan bahwa kedua belah pihak akan menyepakati Border Crossing Agreement (BCA) pada Agustus 2018. Selain itu, akan memberi mandat kepada tim teknis masing-masing untuk melakukan negosiasi secara intens.

Kesepakatan BCA akan memudahkan finalisasi review Border Trade Agreement untuk keduanya. Indonesia  dan Malaysia diketahui berbatas darat dan laut. Pada batas laut masih dilakukan penyelesaian batas di Selat Malaka dan Laut Sulawesi, kemudian untuk batas darat masih dilakukan upaya penyelesaian batas wilayah di Pulau Kalimantan.

Kedua negara sepakat untuk menyelesaikan satu persatu persoalan batas wilayah negara yang masih bermasalah.

Selain soal perbatasan wilayah negara, Menlu RI dan Malaysia juga membahas soal perlindungan warga negara dan pekerja migran Indonesia di Malaysia serta beberapa isu lainnya.

(Humas BNPP)

Lebih lanjut...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.