Menu
RSS

Items filtered by date: Kamis, 01 Februari 2018

Pembangunan Pasar Tradisional di Kawasan Perbatasan Tahun 2017 Memenuhi Target

  • Diterbitkan pada berita

BNPP - Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan terus mengingatkan pentingnya membangun zona pendukung guna memperlancar arus konektivitas di kawasan perbatasan. Sistem pengelolaan kawasan perbatasan diminta lebih terintegrasi sehingga di sekitar PLBN bisa berkembang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

"Nanti harus ada pasarnya, supaya apa? Supaya ada kegiatan ekonomi masyarakat di dekat pos," kata Presiden saat meresmikan PLBN Nanga Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, 16 Maret 2017.

Di tahun 2017, koordinasi Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berhasil membangun puluhan pasar tradisional di kawasan perbatasan.

Program pembangunan pasar tradisional di kawasan perbatasan disampaikan memenuhi target yang telah ditetapkan dalam rencana aksi (Renaksi) 2017. Diketahui dalam Renaksi 2017, pemerintah menargetkan untuk membangun/revitalisasi pasar tradisional sebanyak 20 paket. Dalam pelaksanaannya, pemerintah berhasil membangun 32 paket.

"Realisasi program pembangunan infrastruktur perdagangan, yaitu pasar tradisional di tahun 2017 memenuhi target yang diharapkan. Pembangunan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan ke pasar modern," terang Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Restuardy Daud, Kamis (1/2/2018).

Selain pembangunan pasar tradisional, pemerintah juga telah membangun satu paket gudang non Sistim Resi Gudang (SRG) di Lokasi Prioritas (Lokpri) Perbatasan. Sementara untuk pembangunan pasar yang dikelola koperasi di Lokpri Perbatasan baru bisa direalisasikan dua paket.

Ardy -sapaannya, menyatakan untuk pembangunan pasar modern belum bisa dilaksanakan. Pemerintah lebih menekankan pembangunan pasar tradisional mengingat kondisi perekonomian kawasan perbatasan lebih sesuai dengan kategori pasar dimaksud.

"Kondisi perekomomian kawasan perbatasan lebih sesuai untuk dibangun pasar tradisional," jelasnya. (Humas BNPP)

Lebih lanjut...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.