Menu
RSS

Items filtered by date: Jumat, 13 April 2018

Ini Catatan Pokli BNPP Soal Kebutuhan Personel Keamanan di Perbatasan

  • Diterbitkan pada berita

BNPP - Kelompok Ahli Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menanggapi positif sejumlah hal yang telah dikerucutkan bersama (BNPP-Polri) untuk dijadikan acuan bahan materi pembekalan personel kepolisian dalam menjalankan tugas fungsinya di perbatasan.

 

Pihaknya sepakat bahwa pendekatan yang dilakukan di perbatasan tak lagi soal keamanan (security) melainkan juga soal kesejahteraan warganya (prosperity). Selaras dengan itu, sisi kesejahteraan inilah yang kemudian menjadi fokus dari Nawacita ke-3 pemerintahan Presiden Jokowi, serta perwujudan wilayah perbatasan sebagai beranda negara.

"Polri mainkan peranan penting di perbatasan. Saya kira kita tinggal kembangkan intensitas kebutuhan personel atau sarana dan prasarana," kata Koordinator Kelompok Ahli BNPP Max Pohan di Jakarta, belum lama ini.

Polri juga menurut Max perlu menggunakan teknologi canggih dalam menjalankan tugasnya. Fasilitas teknologi bisa membantu dalam hal pemantauan dari jarak jauh sekalipun. Selain itu, teknologi juga cenderung mengurangi kebutuhan personel di lapangan dan bila terjadi gangguan keamanan akan lebih cepat diatasi.

Max menambahkan, personel Polri yang ada di perbatasan juga dirasa perlu dibekali hal-hal yang bersifat makro. Bahkan dia mengusulkan perundang-undangan yang saat ini sedang berlaku terkait darat, laut dan udara serta tantangan yang dihadapi di perbatasan juga bisa menjadi bahan materi pembekalan.

"Saya kira itu menarik dimaterikan juga sebagai bahan. Selebihnya bisa di-restructure, mana yang mengenai hukum, mana yang umum dan mana yang bersifat spesifik sektoral," katanya.

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebelumnya menyepakati sejumlah hal dalam rencana program kegiatan bersama terkait pengamanan di wilayah perbatasan. Pembahasan rencana program bersama ini terkait peningkatan kualitas personel Polri dalam melakukan pengamanan di wilayah perbatasan.

Sejumlah hal penting yang menjadi sorotan di perbatasan direncanakan akan menjadi bahan pembekalan kepada ribuan personel Polri yang mengamankan wilayah perbatasan. Diantaranya, revolusi mental, pengetahuan tentang perbatasan, kewenangan aspek CIQS, pencegahan kejahatan di lintas batas, pengamanan wilayah perairan, kearifan lokal, serta komitmen hukum di wilayah perbatasan. (Humas BNPP)

 

Lebih lanjut...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.