Menu
RSS

Tapal Batas

  • Ditulis oleh 

 

Atambua - Indonesia itu negara yang besar, kawan. Pesona negeri ini menyebar sampai ke garis perbatasan di NTT. Atambua adalah gadis cantik yang menunggu dilirik.

Atambua adalah ibukota Kabupaten Belu di Provinsi NTT. Kabupaten ini adalah kawasan yang penting karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah timur.

Data yang dihimpun detikTravel dari situs resmi Kabupaten Belu, kabupaten seluas 1.284,94 km2 ini diresmikan pada 20 Desember 1958. Sejarah mencatat nenek moyang masyarakat Belu adalah Suku Melus yang berkawin campur dengan para pendatang dari Malaka.

Kabupaten ini hanya punya 219.385 penduduk per data BPS 2016 yang tersebar di 12 kecamatan. Menjelang mendarat di Bandara AA Bere Talo alias Bandara Haliwen, traveler bisa melihat ciri khas daerah Belu berupa tanah padang rumput berbukit-bukit yang menggoda untuk dijelajahi.

 

Atambua adalah pusat keramaian di Kabupaten Belu. Jangan lewatkan kesempatan melihat hiruk pikuk di Pasar Atambua. Untuk akomodasi wisatawan di Atambua, ada Hotel Intan, Hotel Matahari dan Hotel Paradiso serta beberapa homestay. Atambua masih berencana membangun hotel berbintang, namun hotel yang ada sekarang cukup menjadi andalan.

Kementerian Pariwisata pernah menggelar Cross Border Festival pada Desember 2016 lalu di Lapangan Simpang Lima Atambua. Festival berupa konser musik itu sukses mendatangkan ribuan pengunjung termasuk dari Timor Leste. Grup rock Jamrud saat itu memukau penonton dalam konsernya. Grup rock Slank juga pernah manggung di Atambua pada Mei 2016 dan tidak kalah ramainya.

Di luar festival seperti ini, maka pesona alam adalah daya tarik utama di Atambua. Pantai Atapupu adalah andalan Atambua yang terletak di Desa Motaain, dekat perbatasan Timor Leste. Pantai Atapupu yang berpasir putih menjadi tempat rekreasi warga Atambua dan wisatawan yang menyeberang dari Timor Leste.

 

Ada juga Air Terjun Mauhalek, yang berjarak satu jam dari Atambua, di Dusun Fatumuti, Desa Raiulun, Kecamatan Lasiolat, Kebupaten Belu. Air terjun ini tidak jauh dari garis demarkasi RI-Timor Leste dan sumber air penting untuk warga lokal. Nikmatilah gemericik air terjun di sana.

Atambua juga memiliki destinasi wisata bersejarah yaitu Benteng Makes di Bukit Makes. Nama lainnya adalah Benteng Ranu Hitu atau Benteng Lapis Tujuh. Benteng terletak di puncak Bukit Makes. Sedangkan di Bukit Batu Maudemu, terletak di Desa Maudemu, terdapat peninggalan sejarah berupa kuburan Bangsa Melus.

Jangan lupa belanja oleh-oleh tenun ikat sebelum pulang dari sana. Atambua adalah mutiara pariwisata di perbatasan Indonesia-Timor Leste. Sejauh ini, hanya warga lokal dan wisatawan dari Timor Leste yang menikmatinya. Berikutnya adalah giliran Anda!

Tim Tapal Batas detikcom, Rabu (29/3/2017) sedang berada di Atambua. Mereka akan menjelajah Kabupaten Belu selama beberapa hari ke depan.

Info for bonus Review William Hill here.