';
K/L Anggota BNPP Bersatu Atasi Abrasi Pantai Boko Utara yang Makin Meresahkan

Keterangan Gambar : Pembuatan Tanggul Darurat Penangkal Abrasi Pantai di Desa Buko, Buko Utara, dan Tombulang Pante


By admin humas 16 Feb 2021, 16:31:43 WIB

K/L Anggota BNPP Bersatu Atasi Abrasi Pantai Boko Utara yang Makin Meresahkan

JAKARTA - Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang merupakan Kabupaten perbatasan menghadapi permasalahan abrasi pantai. Pantai Boko Utara di Desa Buko Utara, Kecamatan Pinogaluman, merupakan salah satu lokasi yang mengalami abrasi.

Abrasi Pantai Boko Utara di Kecamatan Lokpri (Lokasi Prioritas) ini terjadi di lokasi sepanjang 1.000 meter. Dari data yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, abrasi terjadi sepanjang 50 meter ke arah pemukiman penduduk dengan peningkatan rata-rata 5 meter per tahun, memberikan potensi ancaman terhadap 127 unit rumah penduduk. 

Disepanjang lokasi yang terdampak abrasi tersebut selain terdapat pemukiman warga, ada pula fasilitas kesehatan, rumah ibadah, pendidikan, dan akses jalan pemukiman.

Saat ini penanganan sementara telah dilakukan, namun masih bersifat darurat yaitu dengan swadaya masyarakat dan dibantu oleh BPBD Kabupaten Bolmong Utara berupa karung berisi pasir yang dibuat sebagai tanggul sementara.

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melaksanakan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga anggota BNPP dengan melaksanakan pertemuan secara virtual bersama Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bolmong Utara serta BPPD Provinsi Sulawesi Utara untuk mengatasi permasalahan abrasi ini.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan oleh perwakilan Direktorat Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Lina, bahwa program pengamanan Pantai Boko Utara sudah disampaikan dari tahun-tahun sebelumnya tetapi program tersebut tergeser karena jumlah anggaran Balai Sungai dan Pantai Sulawesi I terbatas serta fokus utama beralih ke penanganan banjir di Manado.

Lina menambahkan data abrasi yang disampaikan dalam pertemuan ini akan dicatat sebagai memo dinas dan akan diteruskan kepada Direktur Sungai dan Pantai selanjutnya disampaikan kepada Dirjen Sumber Daya Air.

"Dari 12 segmen yang direncanakan teman-teman Balai Sulawesi I, ada abrasi yang bergabung dengan Gorontalo Utara jadi 12 segmen akan dikerjakan teman-teman Balai Sulawesi I dengan sekaligus menyelesaikan segmen yang di Gorontalo Utara. Sampai saat ini memang baru berlangsung satu segmen dan itu akan terus berlanjut sampai ke tepi Pantai Boko Utara tersebut," ujar Lina, Senin (15/2/2021).

Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Gatot Yanriyanto, mengatakan sebagai tindak lanjut pertemuan ini BNPP akan menyiapkan surat kepada Kementerian PUPR terkait penanganan abrasi dan longsor.

"Rencananya akan kita siapkan surat Bapak Mendagri selaku Kepala BNPP kepada Bapak Menteri PUPR terkait dengan penanganan masalah longsor dan abrasi, hal ini perlu segera ada penangannya untuk mengurangi resiko dari dampak lebih lanjut dari masalah abrasi dan penanganan longsor," ujar Gatot.

Kementerian/Lembaga anggota BNPP yang ikut dalam pertemuan ini adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

 

(Humas BNPP)

Related Tags
perbatasan,
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.