Masyarakat Pulau Bintan Sangat Optimis Rasakan Hadirnya Pemerintah di Perbatasan

Keterangan Gambar : Doc. BNPP: Kondisi Puskesmas Kawal di Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan


By admin humas 05 Jan 2021, 10:48:56 WIB

Masyarakat Pulau Bintan Sangat Optimis Rasakan Hadirnya Pemerintah di Perbatasan

JAKARTA -  Tim Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berkesempatan mengunjungi langsung Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau untuk melakukan pengamatan sekaligus mendengar aspirasi terkait bantuan yang difasilitasi BNPP untuk masyarakat perbatasan Kabupaten Bintan.

Seperti yang diketahui, Kabupaten Bintan merupakan wilayah terdepan Indonesia yang berbatasan laut dengan Singapura dan Malaysia. Di Kabupaten ini ada empat Kecamatan yang menjadi Lokasi Prioritas (Lokpri) pembangunan perbatasan yang telah ditetapkan BNPP. Empat Lokpri tersebut adalah Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Gunung Kijang dan Bintan Pesisir.

Pembangunan perbatasan yang dilakukan pertama kali adalah pembangunan infrastruktur pembuka keterpencilan, seperti pembangunan jalan dan pelabuhan penyebrangan. Kini masyarakat Kabupaten Bintan mulai merasakan pembangunan tahap kedua yaitu pembangunan infrastruktur layanan dasar seperti Puskesmas, rumah guru hingga nelayan.

Menurut keterangan dari Kabag Humas BNPP yang sekaligus turun ke lapangan, Andri Indrawan, bantuan yang diberikan pemerintah itu antara lain untuk rehabilitasi Puskesmas Kawal dan Tanjung Uban, pembangunan rumah guru, pembangunan jalan Desa Berakit, pembangunan 35 unit rumah nelayan di Desa Pengudang, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat nelayan.

"Sejumlah bantuan yang difasilitasi BNPP dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat perbatasan Pulau Bintan adalah rehab pembangunan Puskesmas Kawal dan Puskesmas Tanjung Uban, pembangunan rumah guru, pembangunan jalan strategis Desa Berakit, pembangunan 35 rumah nelayan di Desa Pengudang dan pemberdayaan ekonomi masyarakat nelayan," kata Andri. 

Di kesempatan yang sama salah seorang pasien yang tengah berobat di Puskesmas Kawal, Purwati mengatakan, pelayanan serta fasilitas di Puskesmal Kawal saat ini cukup bagus sekali. 

”Alhamdulillah, pelayanan serta fasilitas yang diberikan oleh Puskesmas sangat baik. Saya selaku pasien yang berobat di sini sangat puas,” sebut Purwati.

Bangunan Puskesmas Kawal yang menelan dana sekitar Rp 4 miliar tersebut terletak di Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Selain bentuk fisik bangunan, fasilitas medis seperti Ambulans juga dipenuhi agar tenaga medis bisa dengan mudah untuk menjemput pasien. 

Selain Puskesman Kawal, kucuran dana pemerintah juga mengalir ke Puskesmas Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara. Puskesmas Tanjung Uban mendapatkan bantuan dana sekitar RP 5 miliar. Dimana Rp 4,5 miliar untuk pembangunan fisik seperti IGD serta Rp 500 juta untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL.

Willa Fajariyantika, salah satu dokter di Puskesmas Tanjung Uban mengatakan, kucuran dana dari pusat tentu sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh tenaga medis dan pasien. 

"Bantuan bangunan dan fasilitas yang diberikan tentu akan mempermudah kinerja para tenaga medis di sini dalam melayani pasien,” kata Willa. 

Dari data yang dikumpulkan, Puskesmas Kawal bisa didatangi warga yang berobat sekitar belasan orang per harinya. Sedangkan di Puskesmas Tanjung Uban dapat melayani sekitar 10 atau lebih pasien yang datang berobat dengan keluhan yang bervariasi seperti gula darah, hipertensi, asam lambung serta lainnya. 


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

Related Tags
perbatasan,
Social Share

Office Lizenz Kaufen Windows 10 pro lizenz kaufen Office 2019 Lizenz Office 365 lizenz kaufen Windows 10 Home lizenz kaufen Office 2016 lizenz kaufen office lisans satın al office 2019 satın al