';
Menteri Tito Lantik Penjabat Gubernur Empat Provinsi

Keterangan Gambar : Menteri Tito Bersama dengan Empat Penjabat Gubernur


By admin humas 19 Feb 2021, 10:34:34 WIB

Menteri Tito Lantik Penjabat Gubernur Empat Provinsi

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, melantik empat Penjabat Gubernur di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (18/2/2021). Adapun Penjabat yang dilantik pada hari ini adalah Penjabat Gubernur Bengkulu, Robert Simbolon; Penjabat Gubernur Kepulauan Riau, Suhajar Diantoro; Penjabat Gubernur Sumatera Barat, Hamdani; dan Penjabat Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni.

Menteri Tito berharap dengan ditunjuknya keempat Eselon I dari Kemendagri sebagai Penjabat Gubernur dapat membantu menyambungkan komunikasi Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Pusat.

Selain itu Menteri Tito menambahkan tugas utama Penjabat Gubernur yang pertama adalah menjaga bagian akhir proses demokrasi Pilkada 2020 yang berlangsung sampai daerah-daerah. Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan ini juga mengingatkan bagi pasangan calon yang mungkin nanti terpilih agar tidak terlalu eforia merayakan kemenangan dan membuat kerumunan-kerumunan mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Kemudian kalau nanti ada pasangan yang belum beruntung terpilih, tolong juga dibangun komunikasi agar mereka bisa menerima, kalau tidak menerima laksanakan langkah-langah hukum. Itu tugas yang paling penting yang saya berikan ke Penjabat-penjabat Gubernur untuk melancarkan proses demokrasi sesuai keinginan warga dan keputusan MK sehingga situasi tetap kondusif," ujar Menteri Tito.

Tugas utama yang kedua bagi Penjabat Gubernur adalah evaluasi penanganan Covid-19. "Yang sudah baik ditingkatkan, kemudian yang masih belum baik untuk diperbaiki, komunikasikan dengan Pemerintah Pusat," sambungnya.

Tugas utama yang ketiga adalah masalah dampak sosial ekonomi, memastikan bansos (Bantuan Sosial) dapat disampaikan tepat sasaran. Menteri Tito meyakini pengalaman Penjabat Gubernur selama bertugas di Kemendagri yang berhubungan baik dengan Kementerian/Lembaga selama pandemi dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi keempat daerah (Bengkulu, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi) sehingga dapat membangun hubungan yang lebih baik, mensingkronkan, mengharmonisasikan kegiatan daerah dan pusat sesuai dengan tantangan kondisi yang berbeda dari daerah satu ke daerah lainnya. 

Menteri Tito meminta masing-masing daerah menghormati, menerima, dan dapat bekerja sama dengan Penjabat Gubernur yang telah dilantik dalam rangka perbaikan masyarakat Provinsi dan daerah masing-masing.

"Saya kira pengalaman dari Pak Dr. hamdani kelahiran asli Sumbar, mudah-mudahan bisa juga memberikan dampak positif disana. Kemudian juga Ibu Hari Nur sebagai Dirjen Pembangunan Daerah, paham betul tugas ibu dulu APDD, pembuatan program dan lain-lain, semoga bisa memberikan kebaikan untuk Jambi. Bapak Suhajar putra asli Kepri, saya minta kita bisa memberikan nilai positif. Dan tentunya terakhir Bapak Robert yang direkrut asli Kemendagri dan sekarang menjabat di BNPP ini juga dengan segala kemampuan bapak tolong dibantu dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang saya sampaikan tadi. Tidak lama, tapi memberikan hasil yang baik," pungkas Menteri Tito.

Robert Simbolon merupakan Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara di BNPP. Robert juga saat ini merupakan Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP.\

 

(Humas BNPP)

Related Tags
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.