';
Pj Gubernur Kepri Akan Segera Siapkan Peta Distribusi Vaksin Covid-19

Keterangan Gambar : Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Riau


By admin humas 19 Feb 2021, 15:53:03 WIB

Pj Gubernur Kepri Akan Segera Siapkan Peta Distribusi Vaksin Covid-19

 

JAKARTA - Program vaksinasi Covid-19 terus digalakkan menyesuaikan dengan ketersediaan dosis vaksin corona yang ada dan diberikan kepada kelompok-kelompok target seperti direncanakan sebelumnya. Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Suhajar Diantoro, dalam waktu dekat akan membuat peta distribusi vaksin untuk masyarakat Kepri.

Hal tersebut disampaikan oleh Suhajar usai dilantik sebagai Penjabat Gubernur Kepri oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Mengelola manajemen tahapan penyelesaian Covid-19 yang saat ini memasuki tahapan vaksinasi merupakan salah satu tugas yang diberikan Menteri Tito kepada empat Penjabat Gubernur yang dilantik termasuk Suhajar.

"Tugas yang kedua bagaimana mengelola manajemen tahapan penyelesaian Covid-19 yang saat ini memasuki tahapan vaksinasi. Karena itu mungkin saya akan segera melakukan dan membuat peta distribusi vaksin misal sampai ke Kabupaten dan seterusnya. Kemudian peta proses vaksinasi itu sendiri, karena sangat penting dan itu akan mentarget 1 Juta vaksin per hari di RI," kata Suhajar.

Putra asli Kepri ini mengatakan masyarakat Kepri yang kurang lebih berjumlah 2 Juta orang akan mendapatkan vaksin sesuai dengan peraturan yang telah dikeluarkan Pemerintah.

"Kalau Kepri 2 Jutaan penduduknya sehari 8.000 an kira-kira untuk bisa di vaksin. Nah ini akan saya kontrol, saya tingkatkan manajemen yang sudah bagus Allhamdulilah," pungkasnya.

Sebagai informasi di tahapan awal, vaksinasi Covid-19 akan diperuntukkan bagi garda terdepan dengan risiko tinggi, yaitu tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Lalu secara bertahap akan diperluas seiring dengan ketersediaan vaksin dan izinnya, yaitu penerima bantuan iuran BPJS, dan kelompok masyarakat lainnya. 

Saat ini vaksinasi tahap kedua telah dimulai dan ditujukan kepada Pedagang, Tenaga pendidik, Pelaku pariwisata, Petugas pelayanan publik, Pekerja transportasi publik, Atlet, Wartawan, Tokoh agama, Wakil rakyat, Pejabat pemerintah, Aparatur sipil negara, dan Anggota TNI-Polri. Selain itu, vaksinasi tahap dua juga menyasar kelompok usia lanjut, dengan usia 60 tahun atau ke atas.

Pemerintah akan melanjutkan vaksinasi tahap tiga pada April 2021-Maret 2022. Adapun tahap ketiga, vaksinasi akan menyasar masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. Sementara tahap empat yang akan berlangsung pada April 2021-Maret 2022 sasaran vaksinasi tahap empat meliputi masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. 

Pentahapan dan penetapan kelompok prioritas penerima vaksin dilakukan dengan memperhatikan Roadmap WHO Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) serta kajian dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization).

Perlu diketahui, terdapat daerah yang masuk wilayah perbatasan negara di Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi Kepulauan Riau ini berbatasan dengan negara Singapura dan Malaysia. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau merupakan anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

(Humas BNPP)
 

Related Tags
perbatasan,
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.