ASN BNPP Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Keterangan Gambar : Pejabat BNPP saat mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual (Dok BNPP)


By admin bnpp 01 Jun 2021, 12:25:30 WIB

ASN BNPP Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

JAKARTA - Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 yang mengusung tema Pancasila dalam tindakan bersatu untuk Indonesia tangguh diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) secara virtual melalui kanal Youtube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ataupun siaran TVRI.

Melalui Nota Dinas Nomor 283/61.00/Ses/V/2021, Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, menghimbau ASN untuk mengikuti upacara secara virtual baik dari kantor maupun tempat tinggal masing-masing dengan menggunakan pakaian adat dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.
 
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bertindak sebagai Inspektur Upacara hadir secara virtual melalui Istana Kepresidenan Bogor dengan mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Sedangkan pelaksanaan upacara terpusat di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, yang diikuti oleh peserta dengan jumlah terbatas.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menegaskan agar momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Karena walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, ketika revolusi industri 4.0 dan konektivitas 5G melanda dunia, kemudahan dalam berdialog antar lintas negara semakin mudah dan momen ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia dan ke seluruh kalangan.

"Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan tersebut, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila memerlukan cara baru yang luar biasa. Manfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi Industri 4.0, dan sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekonologi," imbuhnya.

"Sekali lagi, Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," pungkasnya.

Sebelum upacara dimulai, Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri, menyampaikan sejarah singkat lahirnya Pancasila pada tayangan nasional TVRI.

"Secara historis ada tiga rumusan dasar negara yang diberi nama Pancasila, yaitu yang pertama, rumusan konsep Bung Karno pada 1 Juni 1945; yang kedua, rumusan oleh Panitia Sembilan dalam Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945; dan yang ketiga, rumusan final pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tanggal 18 Agustus 1945," ungkap Mega.

Mega mengatakan, keseluruhan proses untuk mencapai konsesus nasional tanggal 18 Agustus 1945 baiknya dimaknai sebagai satu kesatuan proses lahirnya Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri bangsa. 

"Selamat Hari Lahir Pancasila yang ke-76, mari camkan dan amalkan Pancasila dalam tindakan yang bersatu secara bersama-sama bergotong royong dalam sebuah kehidupan sebuah kehidupan berbangsa dan bernegara demi Indonesia yang tangguh," imbuhnya.

Adapun upacara Hari Lahir Pancasila dihadiri secara virtual oleh para Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Internal Kementerian di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, dan Kantor Staf Presiden, Lembaga Pemerintah non Kementerian, Staf Khusus Presiden, Kepala Staf Angkatan, dan Pimpinan Daerah di seluruh Indonesia.


(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.

table