Begini Progress Pasar Rakyat dan Depo Gudang Non SRG yang akan Dibangun di Perbatasan Aruk

Keterangan Gambar : Kondisi Pasar Lama Galing di Desa Galing, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas (Dok BNPP)


By admin bnpp 07 Jun 2021, 14:08:28 WIB

Begini Progress Pasar Rakyat dan Depo Gudang Non SRG yang akan Dibangun di Perbatasan Aruk

JAKARTA - Melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan di Aruk, Motaain, dan Skouw, anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan membangun tiga unit pasar rakyat dan satu unit depo gudang non-SRG pada kawasan perbatasan negara di Aruk, Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2022 mendatang.

BNPP bersama Kemendag telah melakukan survei ke tiga lokasi pembangunan pasar rakyat yaitu yang pertama di Dusun Maludin, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh. Lokasi kedua di Desa Galing, Kecamatan Galing, dan ketiga di Kampung Sejangkung, Desa Parit Raja, Kecamatan Sejangkung.

Hasil survei yang didapatkan adalah lahan pembangunan pasar Temajuk telah disiapkan seluas 1 Hektar. Sedangkan untuk lahan di pasar Galing sedang dalam proses pembebasan lahan dari masyarakat dengan luas 3.600 Meter persegi, dan yang terkahir untuk lahan pasar Galing juga sedang dalam proses pembebasan lahan dari masyarakat dengan luas 4.511 Meter persegi.

Untuk pasar Galing, sebenarnya sudah terdapat pasar yang telah beroperasi, tetapi Pemerintah Daerah (Pemda) setempat mengusulkan pemindahan pembangunan ke lokasi baru yang berjarak 300 Meter karena kondisi pasar lama Galing meluas ke tepi sungai dan tentunya hal ini akan menjadi pembahasan lebih lanjut bersama seluruh stakeholders terkait.

Melalui rapat tematik terkait pembahasan Rencana Aksi dengan Kemendag, Selasa (16/3/2021), Pemda Kabupaten Sambas mengusulkan pembangunan gudang non-SRG dibangun pada kawasan peruntukan industri Semparuk. Hal ini karena di kawasan tersebut sudah ada pelabuhan Sintete.

Kegiatan pembangunan pasar rakyat dan gudang non-SRG kawasan perbatasan negara di Aruk ini akan dilaksanakan melalui mekanisme pembiayaan Tugas Pembantuan (TP) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan pembangunan fisik akan dimulai pada tahun 2022. Kemendag akan melakukan komunikasi dan verifikasi lapangan dengan Pemerintah Daerah terkait indikasi pembiayaan anggaran kegiatan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan.

Guna melaksanakan tugas yang diberikan kepada BNPP untuk mengoordinasikan pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi pelaksaan program/kegiatan Inpres 1/2021, BNPP bersama dengan delapan Kementerian yang ditugaskan di perbatasan Aruk akan terus meningkatkan koordinasi guna mengetahui seberapa jauh progress kegiatan yang sudah dilaksanakan.


(Humas BNPP)

Related Tags
pksn,perbatasan,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.