Bertemu Wakil Menteri PUPR, Jajaran Pejabat BNPP Bahas Pembangunan Infrastruktur Perbatasan Negara

Keterangan Gambar : Jajaran Pejabat BNPP bersama dengan Wakil Menteri PUPR


By admin humas 04 Feb 2021, 15:21:41 WIB

Bertemu Wakil Menteri PUPR, Jajaran Pejabat BNPP Bahas Pembangunan Infrastruktur Perbatasan Negara

JAKARTA - Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Restuardy Daud, bersama jajaran pejabat BNPP melaksanakan audiensi dan berkoordinasi dengan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jhon Wempi Wetipo, membahas dukungan Kementerian PUPR terkait infrastruktur pengelolaan perbatasan, Rabu (3/2/2021).

Restuardy menyampaikan saat ini BNPP sedang melakukan finalisasi Perpres Rencana Induk (Renduk) Pengelolaan Perbatasan, dan mohon dukungan Kementerian PUPR sebagai anggota BNPP. Restuardy juga menyampaikan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain dan Skouw yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 11 Januari 2021. 

Dalam Inpres 1/2021 tersebut Kementerian PUPR ditugaskan untuk melaksanakan program kegiatan  Pembangunan Jalan Nasional, Peningkatan Status Jalan, SPAM, Tambatan Perahu, Embung, Air Baku. Serta penyelesaian Jalan Sejajar Perbatasan di Kalimantan, Nusa Tenggara Timu, dan Papua, permukiman, dan sarpras air baku.

Restuardy menjelaskan dalam pertemuan tersebut Wakil Menteri PUPR, Jhon Wempi Wetipo, menyampaikan pihaknya siap mendukung pembangunan infrastruktur di perbatasan negara.

"Pada prinsipnya PUPR siap mendukung dan berkoordinasi dengan Settap BNPP untuk menangani permasalahan dukungan infrastruktur di wilayah perbatasan," ujar Restuardy.

Restuardy menambahkan setelah pertemuan ini BNPP dan Kementerian PUPR berencana akan melaksanakan kunjuungan bersama di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang dibangun di perbatasan Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Papua serta jalan perbatasan.

"Dari pertemuan tersebut, Wamen PUPR dan BNPP akan berkoordinasi secara lebih teknis kedepan dan direncanakan kunjungan bersama ke beberapa lokasi perbatasan meliputi PLBN dan Jalan Perbatasan," tambah Restuardy. 

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon, yang juga Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan; Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan, Gatot Yanriyanto; Koordinator Kelompok Ahli Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Hamidin Aji Amin, dan Letjen Ali H. Bogra, serta Asdep Infrastruktur Fisik.

(Humas BNPP)

Related Tags
pksn,plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share