BNPP akan Kunjungi Pulau Terluar di Natuna November Ini

Keterangan Gambar : Pertemuan jajaran pejabat BNPP dengan Menko Polhukam Mahfud MD, Dok.BNPP


By admin bnpp 05 Nov 2021, 08:05:17 WIB

BNPP akan Kunjungi Pulau Terluar di Natuna November Ini

JAKARTA - Sebagai bentuk perhatian serius pemerintah dengan hadirnya negara di kawasan perbatasan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama Kementerian/Lembaga anggota berencana melakukan kunjungan untuk memantau Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan ini akan melibatkan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten terkait, untuk mendorong percepatan pembangunan Batas Wilayah Negara Kawasan Perbatasan, serta meningkatkan prasarana pertahanan dan keamanan di PPKT yang ada di Kabupaten Natuna.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, selaku Ketua Pengarah BNPP dan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, selaku Kepala BNPP diagendakan akan turut serta dalam kegiatan ini. Untuk mematangkan rencana kunjungan ke PPKT di Kabupaten Natuna, jajaran pejabat BNPP menemui Menko Mahfud untuk memperoleh arahan lebih lanjut pada Selasa (2/11/2021).

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, menyampaikan PPKT yang akan dikunjungi adalah Pulau Sekatung di kecamatan Pulau Laut, yang berada di paling utara wilayah perairan Laut Natuna Utara dan berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Kunjungan diagendakan tanggal akhir November 2021. 

"Setelah mendapatkan arahan Bapak Mendagri, hari ini kami melaporkan rencana tersebut kepada Bapak Menko Polhukam. Pada prinsipnya Bapak Menko Polhukam setuju terhadap rencana dan agenda kunjungan kerja yang telah disusun dan memberi arahan untuk mempersiapkannya secara teknis. Terkait waktu akan melihat dan menyesuaikan dengan agenda Bapak Meteri dan kegiatan nasional lainnya," ujar Restuardy di Kantor BNPP, Jakarta Pusat, Rabu (3/11/2021).

Beberapa kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan oleh Menko Mahfud dan Menteri Tito beserta rombongan di Pulau Sekatung dan Pulau Laut, selain menunjungi Pos Pengamanan Pulau Terluar di Pulau Sekatung, juga akan melakukan Rapat Koordinasi Pengelolaan Perbatasan Negara, meninjau pelaksanaan Kegiatan Vaksinasi dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19, serta melihat kegiatan pemberdayaan masyarakat (nelayan) sebagai bagian komponen pendukung Hankam perbatasan negara.

Sebagai informasi, Indonesia mempunyai 111 PPKT yang terdiri dari 42 PPKT berpenduduk dan 69 PPKT tidak berpenduduk. 49 PPKT tidak berpenduduk masuk ke dalam Prioritas Nasional (RPJMN) 2020-2024. Adapun PPKT yang ada di Kabupaten Natuna adalah Pulau Sekatung, Pulau Tokongboro, Pulau Kepala, Pulau Subi Kecil, Pulau Sebetul, Pulau Semiun, dan Pulau Senoa.

Pulau Sekatung berada dalam wilayah Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Posisi Pulau Sekatung berada di Laut Cina Selatan, tepatnya di sebelah utara Pulau Laut yang hanya dipisahkan oleh Selat Setakong dengan lebar kurang lebih 40 meter. 
Secara geografis Pulau Sekatung yang mempunyai luas sekitar 1,65 km2, terletak pada koordinat 04047’38”LU dan 10800’39” BT. 

Pulau ini memiliki posisi yang strategis karena berada di paling ujung utara perbatasan negara di Laut Cina Selatan dan menjadi tiitik pengukuran wilayah NKRI, yaitu memiliki dua titik dasar dan titik referensi masing-masing TD 030, TD 030B, TR 030 dan TR 030A.

Sementara Pulau Laut merupakan salah satu kecamatan yang  terletak di ujung utara Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Secara astronomis kantor Kecamatan Pulau Laut terletak pada 4,5083 [LU]  dan 107,7183 [BT].  

Secara geografis, batas-batas wilayah Kecamatan Pulau Laut sebelah utara berbatasan dengan Laut Natuna Utara, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Bunguran Utara, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Siantan, dan sebelah timur berbatasan dengan Laut Natuna Utara. Kecamatan Pulau Laut terdiri dari tiga desa yaitu Desa Tanjung Pala, Desa Air Payang, dan Desa Kadur.

(Humas BNPP)

Related Tags
perbatasan,bnpp,
Social Share