BNPP Apresiasi Lomba Catur HUT RI di Dasar Laut Kepulauan Talaud

Keterangan Gambar : Perlombaan catur oleh TNI Lanal Melonguane di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud (Dok tnial.mil.id)


By admin humas 13 Agu 2021, 15:06:36 WIB

BNPP Apresiasi Lomba Catur HUT RI di Dasar Laut Kepulauan Talaud

JAKARTA - Ada banyak cara untuk menyambut peringatan HUT Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia, biasanya masyarakat atau berbagai instansi mengadakan berbagai lomba untuk mengingat kembali semangat meraih kemerdekaan dari para pahlawan yang telah gugur. Jelang peringatan HUT RI ke-76, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengapresiasi lomba unik yakni lomba catur di dasar laut, yang diadakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam hal ini TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Apresiasi disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP, Gatot Yanriyanto, atas kreativitas dan semangat prajurit Lanal Melonguane dalam memperingati HUT RI Ke-76 di wilayah perbatasan negara.

"Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-76 ini bisa menjadi sarana meningkatkan semangat gotong royong, kegembiraan, dan kebersamaan yang kiranya juga dapat menjadi momentum bagi sinergitas dan keterpaduan TNI-Polri beserta instansi terkait dan unsur masyarakat di kawasan perbatasan negara dalam pencegahan dan pengendalian wabah Covid-19. Sehingga kegiatan sosial kemasyarakatan kembali normal dan kegiatan ekonomi lokal dapat bergerak kembali," ujar Gatot melalui sambungan telepon, Jumat (13/8/2021).

Perlombaan ini hanya diselenggarakan untuk prajurit internal Lanal Melonguane mengingat situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Talaud yang masih harus ditekan jumlah kasus positifnya. Selain lomba catur di dasar laut, lomba badminton dan sepak takraw juga diadakan disana.

Disamping untuk memperingati HUT Kemerdekaan, perlombaan ini juga berguna untuk menjaga kebugaran fisik dan mental para prajurit Lanal Melonguane agar tetap sehat secara rutin melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan, mitigasi dan juga penanggulangan dampak Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Talaud, yang merupakan gugusan pulau-pulau terluar di bagian utara Provinsi Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan Negara Filipina dan merupakan salah satu dari 55 Kabupaten/kota yang masuk dalam kawasan perbatasan negara.

Sepak takraw dan badminton dianggap sangat baik untuk menjaga kelincahan dan juga reflek untuk tangan dan kaki. Sedangkan pertandingan catur di dasar laut dianggap dapat melatih cara berfikir taktis saat di tempat yang bukan habitat alaminya (di dalam air).

Selaku Komandan di jajaran Lanal Melonguane, Adi Sucipto juga mengimbau masyarakat perbatasan agar menjadikan momentum peringatan HUT Kemerdekaan Ke-76 ini sebagai tonggak untuk perjuangan dalam memerdekakan wilayah perbatasan dari wabah Covid-19 yang sudah memakan korban jiwa.

"Mari bersama-sama bahu-membahu, mari kita jadikan kemanunggalan TNI-Rakyat, mari kita jadikan sinergitas TNI-Polri beserta semua instansi yagn ada di wilayah perbatasan paling utara NKRI ini menjadi suatu kekuatan untuk mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Kita harus yakin kita pasti bisa, kita harus yakin bahwa kita akan mampu menghadapi dan melewati kondisi yang kurang baik ini dan kita juga harus yakin bahwa kita dapat mengembalikan wilayah perbatasan ini kembali menjadi zona hijau dan sosial ekonomi masyarakat akan kembali berjalan dengan baik. Ayo tetap semangat dan pantang menyerah, Tanda’su Laudu Sawanna, Benteng Kokoh di Perairan Nusa Utara!," ujar Adi dikutip dari laman tnial.mil.id, Kamis (12/8/2021).

 

(Humas BNPP dan Sumber Lain)

Related Tags
perbatasan,
Social Share