BNPP Bekali Staf dengan Teknik Publikasi dan Dokumentasi

Keterangan Gambar : Pelaksanaan Bimtek Publikasi dan Dokumentasi Tahun 2021 (Dok BNPP)


By admin bnpp 23 Apr 2021, 14:48:44 WIB

BNPP Bekali Staf dengan Teknik Publikasi dan Dokumentasi

YOGYAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melalui Bagian Humas membekali pejabat struktural atau pejabat fungsional dan staf dari unsur Sekretariat, Keasdepan, dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dengan materi terkait animasi dan video editing untuk mengisi konten sosial media lembaga.

Pembekalan dikemas dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Publikasi dan Dokumentasi yang dilaksanakan di The Phoenix Hotel, Yogyakarta pada Kamis 22 April 2021 hingga Sabtu 24 April 2021. Diharapkan dari Bimtek ini peserta dapat menambah skill dan kemampuan di bidang publikasi dan dokumentasi sehingga dapat menyiapkan konten-konten publikasi yang mendukung penyebarluasan informasi BNPP kepada masyarakat luas. Kemudian dapat memperkuat sinergi antara pejabat struktural atau pejabat fungsional dan staf dalam mengelola informasi. 

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud menyampaikan publikasi dan dokumentasi menjadi perhatian khusus Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian. Oleh sebab itu, tugas publikasi dan dokumentasi bukan hanya tugas Staf Humas di Bagian Keuangan, Umum, dan Humas, tetapi tugas semua unsur di Lingkungan BNPP. Dimana tantangan kedepan adalah bagaimana mempresentasikan apa itu BNPP, perbatasan, dan bagaimana BNPP mengelola perbatasan.

Restuardy menuturkan bahwa prinsip-prinsip pengelolaan Humas pada unsur Pemerintahan terdiri dari lima hal penting yang harus diperhatikan yaitu Credibility, Context, Clarity, Continuity, dan Channel.

"Credibility artinya informasi yang disajikan dapat dipercaya oleh publik, lalu context berkaitan dengan kesesuaian informasi dengan karakteristik sasaran, kemudian clarity berkaitan dengan bahasa yang mudah dimengerti, lalu continuity tentang pelayanan informasi yang diberikan secara terus menerus kepada publik, dan prinsip terakhir channel yang artinya menggunakan berbagai macam media yang mudah diakses," ujar Restuardy saat membuka Bimtek Publikasi dan Dokumentasi, Kamis (22/4/2021).

Bicara publikasi tidak lepas dari strategi komunikasi, Restuardy mengatakan produk publikasi tidak terpaku pada adanya kegiatan semata. Produk publikasi juga dapat dihasilkan dari dua strategi yang harus dipahami, yaitu agenda setting dan framing agenda. 

"Kita perlu yang namanya agenda setting yaitu mampu untuk mengeluarkan satu isu kemudian kita angkat (publikasi), satu lagi framing agenda. Framing agenda yaitu bagaimana kita mengolah atau membentuk isu itu. Jadi kalau agenda setting itu fokusnya kepada isu, kalau framing fokusnya itu bagaimana kita mempublikasikan," tambahnya.

Restuardy menambahkan BNPP mempunyai banyak data informasi, hal tersebut dapat dijadikan produk publikasi atau isu yang dapat diangkat. Di dalam konteks publikasi kata Restuadry, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan yaitu replikasi, kanalisasi, persuasi, edukasi, dan koersi.

"Setidak-tidaknya kedepan, pertama mari kita bangun tim, yang kedua penyusunan strategi komunikasi untuk membangun opini diluar kegiatan yang telah terencana, dan approach media atau istilahnya pinjam tangan mereka untuk membantu kita publikasi," pungkasnya.


(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.