BNPP Fasilitasi Usulan Pemda Bentuk KEK Mane\

Keterangan Gambar : Plt. Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP, Gatot Yanrianto, saat menghadiri Rapat pembahasan IPKP, Lokpri, PKSN, Yogyakarta, Selasa (22/6/2021)


By admin bnpp 30 Agu 2021, 18:11:17 WIB

BNPP Fasilitasi Usulan Pemda Bentuk KEK Mane\'e di Kabupaten Kepulauan Talaud

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mendukung usulan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, untuk membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mane'e pada Rapat Koordinasi Penentuan Konsep Kelembagaan Kawasan Ekonomi Perbatasan Kabupaten Kepulauan Talaud yang diselenggarakan oleh Kantor Staf Presiden, Jumat (27/8/2021).

Usulan ini bukan tidak beralasan, pasalnya wilayah tersebut potensi besar untuk melakukan perdagangan pada sektor perikanan dan pariwisata bahari dengan negara Filipina. 

KEK Mane'e terletak di Kecamatan Nanusa yang merupakan salah satu Lokasi Prioritas yang ditetapkan dalam Rencana Panjang Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024 dan Rencana Induk Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan.

Upaya pembangunan KEK Mane'e merupakan salah satu upaya meningkatkan ekonomi masyarakat perbatasan yang berbasis potensi daerah. Sejalan dengan hal itu, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Miangas juga akan dibangun pada tahun 2023 mendatang.

"Tentunya dengan adanya PLBN Miangas nantinya dapat mempermudah perdagangan lintas negara dengan Filipina jika KEK Mane'e dikembangkan lebih lanjut," ujar Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP, Gatot Yanrianto saat menghadiri rapat yang dimaksud.

Atas usulan pembangunan KEK Mane'e, Kantor Staf Presiden juga memberikan respon positif dengan memberikan arahan kepada Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud agar meneruskan usulan tersebut ke Dewan Nasional KEK.

"Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud diminta agar dapat melengkapi syarat-syarat sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2009 tentang KEK untuk melanjutkan usulan tersebut ke Dewan Nasional KEK," tambahnya.

Gatot juga mengatakan upaya pengembangan KEK perbatasan, khususnya perbatasan laut perlu didukung semua pihak agar kedepannya dapat menjadi model untuk pengembangan wilayah lebih lanjut.

"Oleh karena itu, di akhir diskusi kami mengharapkan Pemda Kabupaten Talaud secara paralel mengoptimalkan dan mempertajam program kegiatan K/L yang ada saat ini serta mengoordinasikan secara bersama usulan pengembangan KEK Mane'e ke Dewan Nasional KEK," pungkasnya.

Sebagai informasi, BNPP juga terus berkoordinasi dengan K/L terkait dalam rangka pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT), Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) Melonguane, dan Tol Laut dengan menyesuaikan kegiatan serta anggaran K/L akibat refocusing penanganan pandemi Covid-19.


(Humas BNPP)

Related Tags
perbatasan,
Social Share