BNPP Resmi Mengoperasikan Ruangan OPROOM, Bisa Pantau Seluruh PLBN Realtime

Keterangan Gambar : Suasana pengoperasian Ruangan OPROOM di Kantor BNPP, Jumat (5/8/2022)


By admin bnpp 05 Agu 2022, 22:22:04 WIB

BNPP Resmi Mengoperasikan Ruangan OPROOM, Bisa Pantau Seluruh PLBN Realtime

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mulai mengoperasikan Ruangan Operation Room (OPROOM) pada Jumat, (5/8/2022) yang terletak di lantai dasar Kantor BNPP di Jalan Kebon Sirih No.31, Jakarta Pusat.

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud mengatakan, peresmian Ruangan OPROOM hari ini sebagai bentuk komitmen dan dukungan untuk penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Sekretariat Tetap BNPP. Selain digunakan sebagai interface untuk memfasilitasi penayangan data digital BNPP, Ruangan OPROOM juga didesain sebagai ruang kendali, ruang konferensi, ruang komando, dan media tayang informasi. Perangkat di ruangan ini juga akan diintegrasikan dengan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di perbatasan Indonesia, sehingga bisa memantau secara visual kegiatan dan kondisi di PLBN kapan saja. 

"Dari ruangan ini kita bisa juga monitor situasi kondisi PLBN melalui sistem (pengawasan) CCTV yang akan terkoneksi dengan seluruh PLBN secara realtime," jelas Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, saat meresmikan Ruangan OPROOM. 

Terkait penguatan SPBE, Restuardy menjelaskan bahwa BNPP secara bertahap terus berbenah. “Tahun 2019 angka SPBE kita 1,37, dengan kategori Kurang. Tahun 2020 tidak ada penilaian (Masa Pandemi Covid-19. Red). Selanjutnya Tahun 2021, angka SPBE kita meningkat cukup signifikan menjadi 2,71, dengan Kategori Baik, dan peringkat ke-3 untuk kelompok Lembaga Non Struktural. 

Dalam kesempatan tersebut, Restuardy juga mengajak seluruh Keasdepan untuk mengaktifkan sekaligus mengembangkan aplikasi-aplikasi yang sudah ada untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi. Pihaknya juga akan terus mengembangkan Local Area Network (LAN) berbasis kabel secara bertahap, serta “colocation data center” untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data sesuai standar yang disyaratkan pemerintah. 

Sementara itu, Kepala Biro Keuangan Umum dan Humas BNPP, Indra Purnama menjelaskan, ruangan OPROOM dilengkapi perlengkapan video conference, perangkat audio, akses wifi. Di ruangan ini tersedia kapasitas tempat duduk sejumlah 26 unit, dengan model teater dan dilengkapi dengan Layar sebesar 4,48 meter X 1,92 meter. 

"Saat ini kita sedang melakukan konfigurasi untuk koneksi dengan semua PLBN," jelas Indra disela-sela uji koneksi dengan CCTV di PLBN Entikong Kalimantan Barat. 

Lebih lanjut Indra menjelaskan bahwa Ruangan OPROOM juga bisa dipakai untuk rapat virtual, rapat koordinasi dengan seluruh Kementerian dan Lembaga yang menjadi mitra BNPP, showroom penayangan profil BNPP, dan sebagainya.  

Peresmian Ruangan OPROOM tersebut turut dihadiri, Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon, Kelompok Ahli BNPP, H. Hamidin. Selain itu juga hadir Kepala Biro Hukum Organisasi Kepegawaian, Asisten Deputi Lintas Batas Darat, Perwakilan Keasdepan, serta para Kepala Bidang PLBN yang mengikuti virtual.

(Humas BNPP)

Social Share