Fokus Bangun Perbatasan, BNPP Akan Perbarui MoU dengan KADIN Indonesia
By admin bnpp 16 Nov 2021, 12:53:32 WIB

Fokus Bangun Perbatasan, BNPP Akan Perbarui MoU dengan KADIN Indonesia

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berencana memperbarui kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dalam rangka pembangunan kawasan perbatasan negara.

Jajaran pejabat BNPP telah melakukan pertemuan bersama pengurus organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian ini pada Senin (15/11/2021). 

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, menyampaikan pertemuan dilakukan untuk membahas rencana kerjasama BNPP dengan KADIN Pusat di perbatasan negara. Kerjasama ini merupakan pembaharuan dari kerjasama yang pernah dilakukan sebelumnya melalui Memorandum of Understanding (MoU) bersama tahun 2011 sampai dengan 2016. 

Restuardy menjelaskan muatan kerjasama yang akan dikembangkan sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo, serta arah kebijakan Rencana Induk Pengelolaan Batas Wilayah Negara-Kawasan Perbatasan Tahun 2020-2024 terutama pelibatan Non State Actors dalam pembangunan kawasan perbatasan, yang diarahkan pada tiga hal pokok yaitu pengembangan potansi wilayah, perdagangan lintas batas negara, dan dukungan pengembangan infrastruktur kawasan perbatasan.

"Pelaksanaan penandatanganan Kesepakatan Bersama atau MoU oleh Bapak Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP dan Ketua Umum KADIN, direncanakan pada saat Rapimnas KADIN yang akan akan dibuka oleh Bapak Presiden RI pada tanggal 5 sampai dengan 6 Desember 2021 di Bali," ujar Restuardi di Kantor BNPP, Selasa (16/11/2021).

Ruang lingkup kerjasama selanjutnya akan dituangkan ke dalam Rancangan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang lebih konkret agar dapat diimplementasikan dan diagendakan sekurang-kurangnya hingga tahun 2024. Sebagai tidak lanjut dari pertemuan ini Tim Teknis BNPP dan KADIN akan menyusun draft kesepakatan bersama atau MoU dalam dua minggu kedepan.

Adapun pejabat BNPP yang hadir dalam pertemuan ini adalah Sekretaris BNPP, Restuardy Daud; Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Robert Simbolon; Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP, Gatot Yanriyanto; Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama; Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Kepegawaian; dan Kepala Bagian Kerjasama.

Sementara pengurus Kadin Indonesia yang hadir dalam pertemuan ini adalah Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Pembangunan Kawasan Perbatasan, Edy Suryadi; Wakil Ketua Komite Tetap Lintas Batas Negara, Ollies Datau; dan Sayid Fadil. 


(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share