Gugurnya Kabinda Papua Bentuk Nyata Pengorbanan BIN Pertahankan Kedaulatan NKRI

Keterangan Gambar : I Gusti Putu (IGP) Danny Karya Nugraha saat berdinas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus).


By admin bnpp 26 Apr 2021, 14:04:25 WIB

Gugurnya Kabinda Papua Bentuk Nyata Pengorbanan BIN Pertahankan Kedaulatan NKRI

JAKARTA - Kabar duka datang dari anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yakni Badan Intelijen Negara (BIN). Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa saat melakukan kontak tembak dengan Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, pada Minggu (25/4/2021).

Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto, menyampaikan kontak tembak tersebut terjadi akibat KST Papua melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda. 

"Kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet adalah dalam rangka observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pasca aksi brutal KST Papua di wilayah tersebut. Kunjungan Pimpinan tertinggi BIN Papua di lapangan juga sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu oleh kekejaman dan kebiadaban KST Papua," ujar Wawan melalui keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Wawan menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Dikatakan Wawan kejadian tersebut bermula saat patroli Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI/POLRI melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI/Polri dihadang oleh KST Papua sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. Akibat kontak tembak tersebut Kabinda Papua tertembak dan gugur sebagai pahlawan di lokasi kejadian. 

"Saat ini telah dilaksanakan proses evakuasi dari lokasi kejadian dan besok pagi direncanakan akan di bawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral. Selain itu, Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua tersebut," sambungnya.

Wawan menuturkan gugurnya Kabinda Papua merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. 

Insiden ini juga menjadi simbol pengabdian BIN dalam menjalankan undang-undang, yaitu sebagai lini terdepan dalam sistem keamanan nasional. Kejadian ini juga tidak akan menyurutkan mental dan moril insan Intelijen maupun Aparat Keamanan lainnya dalam memberantas segala ancaman nasional.

Wawan menegaskan BIN terus meningkatkan deteksi dini dan cegah dini terhadap KST Papua yang selama ini meresahkan masyarakat dan memohon dukungan serta doa dari segenap rakyat Indonesia agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

(Humas BNPP dan Sumber Lain)

Related Tags
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.