Indonesia Bolehkan Warga PNG Melintas Melalui PLBN Skouw, Ini Syaratnya

Keterangan Gambar : Ilustrasi Pasar PLBN Skouw (Dok BNPP)


By admin bnpp 01 Mei 2021, 04:39:07 WIB

Indonesia Bolehkan Warga PNG Melintas Melalui PLBN Skouw, Ini Syaratnya

JAKARTA - Keberadaan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw berperan besar terhadap ekonomi dan sosial di sekitar daerah perbatasan Indonesia (RI)-Papua New Guinea (PNG). Hal ini mendukung anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yaitu Custom Immigration Quarantine (CIQ) dan pihak Satgas Pamtas serta Polisi Pengamanan di PLBN Skouw untuk membantu pengawasan pelayanan lintas batas.

Dibukanya kembali pelayanan lintas batas melalui PLBN Skouw merupakan implementasi dari penutupan jalur tidak resmi di sekitar PLBN Skouw. Timbulnya jalur tidak resmi ini adalah imbas dari kebijakan penutupan Border Post Watung, dimana masyarakat PNG sangat bergantung dengan supply kebutuhan pokok dari pasar yang ada di PLBN Skouw.

Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara BNPP, Murtono, mengatakan aktivitas lintas batas di PLBN Skouw tidak semata-mata hanya untuk jalur perdagangan saja, melainkan menempatkan kembali fungsi PLBN Skouw yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo tahun 2017 lalu untuk menegaskan, meneguhkan kedaulatan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

"Sehingga untuk menjaga fungsi-fungsi PLBN Skouw tersebut, masyarakat PNG juga harus tertib dokumen pas lintas sesuai dengan tujuan mereka yaitu berbelanja," ujar Murtono saat Rapat Koordinasi Penanganan Isu-Isu Lintas Batas RI-PNG, di Hotel Horison Entrop, Selasa (27/4/2021).

Pelayanan lintas batas PLBN Skouw selama tatanan kehidupan normal baru tentu mengikuti aturan dan ketentuan yang di keluarkan oleh Satgas Covid-19 Nasional dan pengaturan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang masuk wilayah Indonesia.

Penerapan protokol kesehatan yang akan didukung oleh CIQ, Satgas Pamtas, dan Polisi antara lain menyediakan tempat cuci tangan dan bilik sterilisasi bagi pelintas batas di gerbang PLBN Skouw dan pembatasan jumlah orang yang berada di zona inti yaitu hanya boleh untuk pelintas batas dan petugas PLBN Skouw.

Untuk meminimalisir warga PNG melakukan kegiatan diluar kepentingan belanja, maka akan dibangun juga pos pemeriksaan terpadu yang berlokasi di sebelah pasar. Patroli bersama juga akan dilakukan secara berkala untuk mencegah adanya pelintas batas ilegal. 

Murtono juga menyampaikan perlunya penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) untuk penanganan lintas batas dari masing-masing institusi penyelenggara pengawasan lintas batas negara yaitu CIQ, Satgas Pamtas, dan Polisi. Hal lain yang perlu dilakukan adalah sosialisasi kepada masyarakat terkait pengetatan pelayanan lintas batas.

"Penyusunan SOP penanganan lintas batas dari masing-masing institusi penyelenggara pengawasan lintas batas negara juga diperlukan. Yang tidak kalah penting yaitu sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pengetatan pelayanan lintas batas untuk menghindari kesalah pahaman dan keamanan dikawasan PLBN Skouw," tambahnya.

Dari hasil Rapat Koordinasi Penanganan Isu-Isu Lintas Batas RI-PNG, Selasa (27/4/2020), alternatif pembukaan jalur PLBN Skouw yaitu dua kali dalam seminggu, pada hari Selasa dan Kamis karena mengikuti penetapan secara tradisional yaitu hari pasar.


(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.