Ini Teknik Untuk Optimalkan Publikasi Secara Visual di Media Sosial

Keterangan Gambar : Narasumber Dosen ISI Yogyakarta (Dok BNPP)


By admin bnpp 26 Apr 2021, 14:54:30 WIB

Ini Teknik Untuk Optimalkan Publikasi Secara Visual di Media Sosial

JAKARTA - Bimbingan Teknis (Bimtek) Publikasi dan Dokumentasi yang dilaksanakan oleh Bagian Humas Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mendatangkan tiga narasumber dari Dosen Pengajar Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dengan pokok materi pembuatan animasi dan video editing untuk mengisi konten sosial media lembaga.

Kegiatan Bimtek terbagi menjadi tiga sesi yaitu pemaparan materi oleh narasumber, praktek membuat program TV untuk channel Youtube secara kelompok, dan sesi presentasi serta penilaian hasil pembuatan program TV untuk channel Youtube BNPP. 

Animasi yang merupakan materi pertama dalam Bimtek, dapat diartikan sebagai seni dan metode untuk menjadi jembatan yaitu mempermudah kita untuk bercerita kepada semua kalangan agar konten mudah dimengerti, menjelaskan fenomena yang tidak mungkin dijelaskan media lain seperti film, dan mampu mengomunikasikan emosi dan ide dengan cara yang unik.

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat animasi untuk sosial media adalah menentukan pesan yang akan disajikan (jangkauan orang yang luas dan cepat disampaikan); membuat storyboard sederhana memililih jenis font, warna, elemen, dan visual yang cocok; mengatur komposisi antar elemen visual, teks, musik latar, dan voiceover. 

"Gunakanlah perangkat yang memudahkan kita dalam membuat animasi, tidak perlu mengikuti tren yang ada. Yang penting lakukanlah sekarang dan jangan ditunda-tunda apalagi ini kaitannya dengan informasi yang harus cepat tersajikan dan cepat tersampaikan," ujar Dosen ISI Yogyakarta, Samuel Gandang, Jumat (26/4/2021).

Dosen ISI Yogyakarta, Arifian Rohman, sekaligus juga narasumber Bimtek mengatakan, pembuatan video atau film pendek untuk konten sosial media adalah sebagai media yang dapat mempengaruhi atau mendorong penonton untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti spot news, spot commercial, dan spot layanan masyarakat. Sedangkan untuk tahap pembuatan video atau film pendek terbagi menjadi tiga, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi.

"Pra produksi itu tahapannya berupa ide yang melalui tahapan riset, sinopsis (garis besar cerita), treatment (skenario dan naskah dua kolom, sesuai kebutuhan), shot list (scene, lokasi, angel, camera movement), dan story board (rencana visual dalam editing). Setelah semua tahapan pra produksi selesai, masuk ke tahapan produksi berupa pengambulan gambar, dan rekam audio visual. Kemudian tahapan yang terakhir ini pasca produksi, yaitu semua aspek elemen-elemen visual masuk ke video editing, dan rendering untuk di publish," ungkap Arifian.

Di samping itu, Nissa Fijriani yang juga narasumber Bimtek memaparkan salah satu tips penting dalam mengelola TV di channel youtube yaitu channel optimization. Channel optimization terdiri dari deskripsi channel, mengelola youtube studio, kategorisasi, channel trailer dan bio.

"Deskripsi channel yang baik itu penting karena itu gambaran tentang isi channel kita. Cukup dua sampai tiga paragraf saja dengan menjabarkan nama channel, isi channel, jadwal update, manfaat channel, dan visi misi lembaga. Jangan lupakan call to action atau ajakan untuk subscribe," pungkas Nissa.

Selain channel optimization, hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengelola TV channel adalah pembuatan draft content list, pembuatan naskah, persiapan alat dengan spesifikasi yang cukup, menggunakan royalty-free music, pisah video menjadi beberapa part apabila berdurasi panjang, judul yang menarik, cantumkan link-link yang terkait, gunakan tagar, dan thumbnail yang tepat untuk cover.

Peserta Bimtek dari pejabat struktural atau pejabat fungsional dan staf dari unsur Sekretariat, Keasdepan, dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) langsung mempraktekkan materi yang telah di dapat melalui penugasan kelompok. Penugasan tersebut berupa membuat program TV untuk channel Youtube BNPP. Tema yang diberikan yaitu Border Weekly, Pernak-Pernik Perbatasan, Komedi Perbatasan, Work and Talk, dan Sebatas Info. 

Di akhir sesi, ketiga narasumber Dosen ISI Yogyakarta memberikan penilaian dari hasil penugasan kelompok tersebut. Kategori penilaian terbagi menjadi kelompok dengan komposisi terbaik, kelompok dengan naskah terbaik, kelompok dengan infromasi terbaik, kelompok dengan pengambilan gambar terbaik, dan kelompok yang perlu ditingkatkan lagi.


(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.