Inpres Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Perbatasan Negara Siap Diterbitkan

Keterangan Gambar : Doc. BNPP


By admin humas 16 Jan 2021, 11:42:50 WIB

Inpres Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Perbatasan Negara Siap Diterbitkan

JAKARTA - Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain dan Skouw siap diterbitkan.

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Robert Simbolon, dalam hal ini selaku Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan mengungkapkan BNPP telah diberi informasi mengenai penerbitan Inpres oleh pihak Sekretariat Kabinet.

Robert mengatakan pihak Setkab juga telah mengirimkan undangan tertulis kepada seluruh Sekretaris Kementerian, Sekretaris Jenderal, Sekretaris Utama, Sekretaris, Sekretaris Daerah Provinsi, dan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota yang terkait dengan Inpres 1/2021, untuk hadir secara virtual dalam penyerahan Inpres 1/2021 oleh Sekretaris Kabinet. 

"Penyerahan akan diadakan pada hari Selasa 19 Januari 2021, pada pukul 13.30 WIB," ujar Robert, Sabtu (16/1/2021).

Robert menambahkan BNPP akan segera membentuk Tim Koordinasi Pelaksanaan Inpres 1/2021 ini dimana akan akan dikoorsinasikan dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam hal ini Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW), dan Sekretariat Kabinet.

Selain itu BNPP juga akan menyusun Rencana Aksi Pelaksanaan Inpres 1/2021; Jadwal Pelaksanaan Inpres 1/2021 (berdasarkan Rencana Aksi); Membentuk Sekretariat Tim Koordinasi Pelaksanaan Inpres 1/2021; serta mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Inpres 1/2021 bersama seluruh Kementerian/Lembaga dan Daerah Penerima Instruksi.

Sebagai informasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, terdapat 18 PKSN yang enam di antaranya masuk dalam major project. Dari enam PKSN tersebut, tiga di antaranya adalah PKSN Aruk, Motaain/Atambua dan Skouw/Jayapura.

 

(Humas BNPP)

Related Tags
pksn,perbatasan,
Social Share