Jaga Beranda Depan NKRI, Pemerintah Akan Terbitkan Prangko Seri Tiga PLBN

Keterangan Gambar : Kepala Biro Keuangan, Umum, dan Humas BNPP, Indra Purnama.


By admin bnpp 17 Jun 2022, 11:07:53 WIB

Jaga Beranda Depan NKRI, Pemerintah Akan Terbitkan Prangko Seri Tiga PLBN

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika berencana menerbitkan prangko seri tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yaitu PLBN Entikong di Provinsi Kalimantan Barat, PLBN Motaain di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan PLBN Skouw di Provinsi Papua.

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama dengan Kemenkominfo telah membahas terkait penerbitan seri tiga PLBN ini dalam rapat yang dilaksanakan secara daring dan luring pada Rabu (15/6/2022).

Kepala Biro Keuangan, Umum, dan Humas, Indra Purnama, yang hadir untuk mewakili BNPP menyampaikan bahwa BNPP menyambut baik rencana penerbitan prangko seri tiga PLBN tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, Indra menjelaskan dua PLBN yaitu PLBN Motaain dan PLBN Skouw merupakan PLBN yang sedang difokuskan Presiden Joko Widodo untuk menjadi lokasi percepatan pembangunan ekonomi sebagaimana Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

"Sekali lagi untuk saat ini kami bersama pimpinan mendorong ataupun mendukung apapun yang diperlukan oleh Pos dari sisi gambar, historikal data, sampai data terakhir dan data dukung terkait PLBN yang dimaksud agar penerbitan prangko seri PLBN Entikong, PLBN Motaain, dan PLBN Skouw dapat berjalan lancar. Kami siap memfasilitasi segala hal yang kira-kira diperlukan sesuai dengan kempuan kami," ujar Indra.

Indra mengungkapkan selain tiga PLBN tersebut BNPP juga mengelola PLBN lainnya yaitu PLBN Aruk dan PLBN Badau di Provinsi Kalimantan Barat, PLBN Motamasin dan PLBN Wini di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan PLBN Sota di Provinsi Papua.

Analis Kebijakan Ahli Madya pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kemenkominfo, Eko Wahyuanto, mengatakan perencanaan penerbitan prangko dengan tema PLBN sudah dimulai sejak tahun lalu. Kemudian pada Tahun 2022, PLBN menjadi salah satu tema prangko dari 13 prangko yang diterbitkan oleh Pemerintah.

Eko menjelaskan bahwa PLBN merupakan hasil dari pekerjaan Pemerintah membangun perbatasan negara yang patut dibanggakan. Atas dasar itulah, Kemkominfo ingin memberikan penghargaan sekaligus mencatatkan tempat monumental tersebut menjadi prangko. 

"Kenapa dalam prangko? karna prangko selain menjadi alat bayar dalam pengiriman surat dan barang, prangko juga menjadi dokumen penting yang dicatatkan di badan internasional. Prangko juga sebagai penanda dan bisa jadi sebagai second trac diplomasi," kata Eko.

Eko mengingatkan tentang peristiwa lepasnya Sipadan dan Ligitan ke negara Malaysia. Saat itu, ketika kedua pulau yakni Sipadan dan Ligitan masuk ke dalam wilayah malaysia, Pemerintah Malaysia langsung mencetak prangko Sipadan-Ligitan.

Menurut Eko peristiwa tersebut tidak boleh terjadi lagi, sehingga prangko seri PLBN patut diproduksi untuk mendokumentasikan bahwa PLBN masuk ke dalam wilayah teritorial Indonesia.

"Artinya benda sekecil itu kita daulat untuk menjadi instrumen penting untuk mendokumentasikan tetritorial Indonesia dan oleh karena itu mudah-mudahan prangko ini terbit tepat waktu, gambarnya cantik, desainnya bagus, dan menjadi kebanggaan Indonesia karena akan diperjual belikan dan dikoleksi oleh filatelis seluruh dunia," pungkasnya.

Rapat pembahasan penerbitan prangko ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Humas dan TU Pimpinan serta perwakilan Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara BNPP, Pejabat dan Staf dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Pejabat dan Staf dari Jaringan Global Geopark Indonesia, Pejabat dan Staf dari Perum PERURI, Pejabat dan Staf dari PT POS Indonesia.

(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share