Kabupaten Kepulauan Tanimbar Harus Berhasil Maksimalkan Pemanfaatan Tol Laut
By admin bnpp 21 Jun 2021, 17:15:14 WIB

Kabupaten Kepulauan Tanimbar Harus Berhasil Maksimalkan Pemanfaatan Tol Laut

SAUMLAKI - Berbicara mengenai program Tol Laut yang diluncurkan sebagai program unggulan Pemerintah sejak Tahun 2015, Kabupaten Kepulauan Morotai menjadi Kabupaten perbatasan negara yang sukses memanfaatkan program Tol Laut. Berkaca pada Morotai, Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Provinsi Maluku diharapkan dapat berhasil memanfaatkan Tol Laut yang bersandar di Pelabuhan Laut Saumlaki dengan menjejalinya komoditi unggulan daerah.

Sudah diakui bahwa masyarakat perbatasan negara di Saumlaki telah merasakan manfaat adanya Tol Laut. Adanya Tol Laut mampu menekan harga hingga 15 persen dari harga normal. Penurunan harga barang di wilayah Saumlaki sudah dirasakan masyarakat mengingat barang yang sampai di tangan masyarakat merupakan barang logistik yang diangkut oleh tol laut dengan biaya murah dan bersubsidi. Namun program Tol Laut tersebut belum optimal karena masyarakat Saumlaki belum berpartisipasi dalam mengisi muatan balik Tol Laut.

Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelola Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), F. Gatot Yanriyanto, baru-baru ini berkesempatan mengunjungi Pelabuhan Laut Saumlaki yang berada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, pada Selasa (15/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Gatot dan rombongan Bupati Kepulauan Tanimbar melihat lebih dekat proses dan pelaksanaan Tol Laut di beranda depan negara ini. Gatot juga melihat masalah apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan Tol Laut, agar nantinya dapat dikomunikasikan bersama Kementerian/Lembaga anggota BNPP.

"Kita tadi melihat bagaimana proses pelaksanaan kegiatan Tol Laut yang merupakan kegiatan distribusi barang untuk kawasan perbatasan sehingga ketersediaan barang di kawasan perbatasan itu terus bisa tercukupi dan harga-harga tidak terlalu mahal, tentunya ini akan sangat menolong masyarakat di kawasan perbatasan," ujar Gatot.

Menurut Gatot, Tol Laut merupakan program yang dilaksanakan agar perekonomian masyarakat perbatasan negara lebih meningkat. Kedepan masyarakat Saumlaki harus berhasil berpartisipasi mengisi muatan balik Tol Laut dengan komoditi perikanan yang merupakan potensi besar Saumlaki.

Gatot menyarankan untuk memanfaatkan Reefer Container yakni salah satu jenis container yang dilengkapi dengan pendingin. Pendingin di dalam container ini berfungsi menjaga kondisi suhu di dalam ruangan container sehingga barang kiriman tidak rusak.

"Inilah upaya yang terus dilakukan pemerintah. Potensinya disini ikan dan macam-macam hasil laut yang harus terus dikembangkan, ini sudah luar biasa kemajuan proses-proses kegiatan apalagi Tol Laut juga sudah mulai bagus tinggal ditiingkatkan. Satu hal saya sudah ngobrol dengan Pak Bupati terkait dengan komoditi perikanan, pemanfaatan reefer container supaya terus bisa muat perikanan," pungkas Gatot.


(Humas BNPP)

Related Tags
pksn,perbatasan,bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.