Lewat Inpres 1/2021, Presiden Jokowi Ingin Pastikan Kesejahteraan Rakyat Perbatasan Negara

Keterangan Gambar : Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara yang juga merupakan Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Robert Simbolon.


By admin humas 26 Mar 2021, 21:07:15 WIB

Lewat Inpres 1/2021, Presiden Jokowi Ingin Pastikan Kesejahteraan Rakyat Perbatasan Negara

JAYAPURA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sosialisasikan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (26/3/2021).

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara yang juga merupakan Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Robert Simbolon, menyampaikan tujuan Presiden Joko Widodo menerbitkan Inpres ini yang pertama adalah untuk memastikan bahwa kawasan perbatasan negara bukan lagi sekedar kawasan dimana persoalan keamanan saja yang menonjol, tapi juga sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

"Bapak presiden ingin memastikan bahwa kawasan perbatasan negara kita menjadi kawasan yang memiliki kemampuan ekonomi yang tinggi. Kawasan perbatasan negara kita harus menjadi pertumbuhan ekonomi baru, bahkan bapak presiden menghendaki kawasan perbatasan kita menjadi pintu untuk kita memanfaatkan peluang yang tersedia di negara tetangga secara ekonomi," ujar Robert dalam Rapat Koordinasi dan Konfirmasi Rencana Aksi Pelaksanaan Inpres 1/2021 di Hotel Horizon Ultima Entrop, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Robert menuturkan sebelum Presiden Jokowi meneken Inpres 1/2021, BNPP diberi tugas untuk melakukan market intelegent untuk memetakan potensi-potensi pemasaran produk-produk dari kawasan perbatasan di Skouw hingga masuk ke wilayah negara tetangga Papua New Guinea. 

Presiden Jokowi akan memanfaatkan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang telah dibangun dengan mewah sebagai pintu ekspor nasional. Robert mengatakan Presiden Jokowi juga ingin memastikan bahwa masyarakat di kawasan perbatasan negara mengalami peningkatan kesejahteraan.

"Jadi bapak presiden ingin memastikan bahwa pembangunan kawasan perbatasan adalah dalam rangka mensejahterakan masyarakat di kawasan itu sendiri. Bapak presiden juga ingin memastikan bahwa pembangunan yang akan kita lakukan dalam rangka Inpres ini juga sekaligus memberikan kesempatan kepada terbukanya peluang-peluang kerja bagi masyarakat di sekitar kawasan perbatasan," sambungnya.

Disebutkan Robert Inpres 1/2021 juga sekaligus sebagai langkah strategis untuk menyediakan lapangan pekerjaan karena saat ini Indonesia berada pada status bonus demografi.

"Di penghujung triwulan pertama 2021 ini harapan kita proses penyiapan semua rencana sudah terkonsolidasi dan sudah bisa dilanjutkan dengan eksekusi dari rencana tindak yang sudah kita sepakati. Nah harapan kita tentu kepada bapak, ibu, terutama kepada yang terhormat para kepala suku dan para ondoafi sekaligus para kepala kampung dibawah koordinasi bapak kepala distrik, kami mohon didampingi, dikawal, difasilitasi sekiranya ada hal-hal yang memerlukan koordinasi lebih lanjut mari kita diskusikan," pungkasnya.

Rapat Koordinasi dan Konfirmasi Rencana Aksi Pelaksanaan Inpres 1/2021 bertujuan untuk mengetahui lokasi pelaksanaan kegiatan pada kawasan perbatasan Negara di Skouw. Kegiatan akan dilanjutkan dengan Kunjungan Lapangan pada Kawasan Perbatasan Negara di Skouw pada hari berikutnya.

Dalam Inpres 1/2021, Presiden menginstruksikan 10 Kementerian yang telah ditunjuk untuk melaksanakan 19 program kegiatan di Skouw. Program Kegiatan tersebut harus diselesaikan dalam kurun waktu dua tahun.

(Humas BNPP)

Related Tags
pksn,plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.