Lima Tahun Kedepan 222 Lokpri Akan Dikembangkan Sesuai Potensi Daerah
By admin humas 17 Sep 2020, 20:17:21 WIB

Lima Tahun Kedepan 222 Lokpri Akan Dikembangkan Sesuai Potensi Daerah


JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Kementerian/Lembaga anggota akan mengembangkan 222 Lokasi Prioritas berbasis Kecamatan sesuai dengan potensi daerah masing-masing untuk lima tahun ke depan.


Disampaikan Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, ada 222 Kecamatan Lokpri yang sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas).


“Ada 222 kecamatan lokpri yang akan dikembangkan sesuai dengan potensi daerah masing-masing, sudah masuk rencana di Bappenas. Namun kita ingin semuanya tercapai tetapi juga harus realistis karena Covid ini membuat semua daerah tertekan terutama dalam bidang ekonomi,” ujarnya di acara Webinar Nasional Forum Tematik Bakohumas Pengelolaan Perbatasan dengan mengusung tema “Mengelola Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju” di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (17/9/2020).


Menteri Tito mengatakan saat ini kendala utama menjalankan rencana pengembangan 222 lokpri adalah Covid-19, dimana akibat Covid-19 Pemerintah Pusat dan Daerah berbondong-bondong replanning  fokus utama ke masalah kesehatan.


“Nah khusus untuk rencana dokumen Bappenas, kita fokus pada 222 kecamatan lokpri dari 500 lebih kecamatan. Namun dengan kondisi seperti ini, dibutuhkan replanning koordinasi dengan Kemenku dan Bappenas realistisnya kita bisa membangun berapa kecamatan ditahun 2021-2024. Apakah masih tetap dengan 222 kecamatan tersebut? Atau kita harus ubah menjadi beberapa kecamatan super prioritas,” pungkasnya.


(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share