Menuju Smart Government, BNPP Akan Jaga Produk Kearsipan Melalui Srikandi

Keterangan Gambar : Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, saat membuka acara Bimtek dan Sosialisasi Srikandi


By admin bnpp 20 Jun 2021, 13:08:33 WIB

Menuju Smart Government, BNPP Akan Jaga Produk Kearsipan Melalui Srikandi

 

BOGOR - Dalam era transformasi digital seperti sekarang ini, kearsipan menjadi suatu hal penting dan wajib dilaksanakan bagi setiap institusi pemerintah. Bidang kearsipan kini menjadi prioritas dengan adanya aplikasi Srikandi, karena setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Restuardy Daud, saat membuka kegiatan bimbingan teknis (bimtek) dan sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Hotel Green Peak, Bogor, Jumat (18/6/2021).   

"Terkait dengan pengelolaan arsip ini, mungkin sama seperti yang kami rasakan dalam pengelolaan perbatasan. Kalau dahulu orang melihat perbatasan itu sebagai wilayah yang terbelakang atau belum menjadi prioritas, mungkin hal ini sama juga dirasakan oleh teman-teman yang bergelut dalam bidang kearsipan. Tapi kalau saya lihat saat ini luar biasa perkembangannya sudah sangat signifikan yang dibuktikan dengan aplikasi Srikandi," ujar Restuardy.
 
Sejak 27 Oktober 2020, aplikasi Srikandi yang merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) telah diluncurkan sebagai aplikasi umum bidang kearsipan pada Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Sebagai lembaga pemerintah, BNPP tentunya juga akan menggunakan Srikandi untuk pengelolaan arsip yang didalamnya terdapat proses penciptaan arsip, penggunaan dan pemeliharaan arsip, serta penyusutan arsip.  

"Ini akan menjadi komitmen BNPP untuk bersama-sama dibangun, karena kita tidak akan menginvestasi lebih banyak lagi untuk aplikasi. Kita akan gunakan Srikandi yang bahkan sudah tersedia untuk cakupan nasional, satuan kerja, bahkan sampai kepada unit-unit dibawahnya. Terlebih lagi kita juga punya akses untuk bisa berbagi dengan arsip yang ada di Kementerian/Lembaga lainnya bahkan dengan Pemerintah Daerah " imbuhnya.

Restuardy juga menyampaikan, arsip menjadi sangat penting karena mengingat BNPP memproduksi cukup bayak data-data yang perlu dijaga keakuratan dan keberadaannya. Arsip dapat menjadi satu catatan sejarah bagi BNPP dalam mengelola batas wilayah negara dan kawasan perbatasan. "Arsip merupakan aset, mungkin tidak terasa pada saat ini, tetapi dimasa yang akan datang itu merupakan bagian yang harus kita jaga," imbuhnya.

Berkaitan dengan kebijakan transformasi reformasi birokrasi menuju Smart Government, BNPP akan mempersiapkan organisasi yang kolaboratif, agile, adaptif dan responsif terhadap kondisi di sekitar kita terutama yang terkait dengan isu-isu pengelolaan perbatasan.

"Maka dari itu, Bapak Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang sekaligus Kepala BNPP telah memberikan instruksi kepada jajaran BNPP untuk memperkuat mekanisme dan sistem pengelolaan data dan informasi yang ada agar bisa menjadi bagian dari proses transformasi reformasi birokrasi menuju Smart Government," pungkasnya.

Adapun empat langkah-langkah yang dilakukan BNPP untuk mendukung hal tersebut yaitu berhubungan dengan aspek kebijakan, pembinaan, pengelolaan kearsipan, dan sumberdaya kearsipan. Pada aspek kebijakan, BNPP telah mempersiapkan perangkat berupa norma dan kaidah pelaksanaan. Kemudian terkait dengan pembinaan, nantinya akan didorong adanya reward dan punishment atas proses pengelolaan arsip tersebut. Untuk aspek pengelolaan nantinya akan didukung juga oleh SPBE dan pengembangan E-Sign. Terakhir, terkait sumberdaya kearsipan ini berupa sumberdaya manusia yang akan menggarap Srikandi serta pemenuhan sarana prasarana teknologi informasi pendukung.     
 
"Saya berharap melalui kegiatan bimtek dan sosialiasi Srikandi ini, kita bisa memperkuat langkah-langkah untuk transformasi terkait dengan reformasi birokrasi pada bidang tata kelola yang didukung dengan informasi dan teknologi. Selain itu, saya juga berharap hasil pengawasan terhadap pelaksanaan kearsipan BNPP oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dapat meningkat dari kategori cukup ke kategori baik," jelasnya.


(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

table

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.