MPPI Ajak Masyarakat Perbatasan Tetap Taati Prokes
By admin bnpp 21 Nov 2021, 08:27:08 WIB

MPPI Ajak Masyarakat Perbatasan Tetap Taati Prokes

NUNUKUN - Masyarakat Peduli perbatasan Indonesia (MPPI)  menggelar dialog terkait perbatasan sehat dan aman. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan masker dan sanitizer kepada Camat dan Kepala Desa di Kecamatan Lumbis Pansiangan, pada Sabtu (20/11/2021).

Disela-sela menyerahkan bantuan kepada para kepala desa, Juru bicara percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan, Hasan Basri, menjelaskan saat ini pandemi Covid-19 masih ada dan nyata karena banyak orang yang terkonfirmasi positif, yang juga mengakibatkan meninggal dunia di Indonesia, khususnya di Kabupaten Nunukan. Melihat hal itu pemerintah berupaya memberikan keselamatan agar tidak ada yang terkonfirmasi, maka dilakukanlah vaksin kepada masyarakat.

"Hari ini yang positif Covid-19 di rawat sebanyak 12 orang,  terdiri dari 5 orang di rumah sakit, 7 orang isolasi mandiri," kata Hasan Basri.

Selain itu, upaya penguatan dan penegakan disiplin protokol kesehatan juga terus digalakkan, baik dengan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) maupun dengan TLI (tes, lacak, dan isolasi) yang komprehensif.

Basri juga bersyukur karena angka positif Covid-19 terus menurun dan bahkan tidak ada penambahan kasus, ini kerena masyarakat sudah sadar dengan menjalani protokol kesehatan, dan juga sudah banyaknya masyarakat yang divaksinasi.

Dalam dialog itu, Hasan Basri juga menyampaikan terkait infrastruktur yang ada di Kabupaten Nunukan, yang hingga saat ini terus dilakukan pembenahan baik ditingkat Kabupaten hingga desa. 

Demikian juga yang tidak kalah penting adalah aspek kesehatan. Masyarakat diharapkan dapat hidup sehat, dan setiap Puskesmas di Nunukan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bahkan di tingkat pelosok, yang ada diperbatasan seperti di Kecamatan Lumbis Pansiangan ini.

Jika bicara pendidikan yang juga sebagai prioritas pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa, tidak hanya di dalam kota, namun juga yang ada di wilayah perbatasan pelosok negeri Indonesia, salah satunya di Kabupaten Nunukan. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi anak Indonesia untuk tidak dapat menempuh pendidikan melalui jalur pendidikan formal karena alasan-alasan tertentu.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah pusat berupaya melakukan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program PEN terus didorong realisasinya dan selalu dievaluasi penggunaannya. Penyaluran PEN juga terus dipercepat untuk mendorong kinerja perekonomian kembali ke zona positif.

Aparat maupun masyarakat harus bersama-sama menjaga ketertiban di wilayah perbatasan agar dapat terjaga dan aman. "Jadi perlu kerja sama dengan aparat terkait menjaga ketertiban di kabupaten Nunukan,"  terangnya.

(Humas BNPP dan Sumber Lain)

Related Tags
perbatasan,
Social Share