Nelayan Komponen Pendukung Pertahanan Keamanan Perbatasan NKRI

Keterangan Gambar : Foto Dok.Pusat Informasi Maritim, pim-tni.mil.id


By admin bnpp 05 Nov 2021, 07:57:02 WIB

Nelayan Komponen Pendukung Pertahanan Keamanan Perbatasan NKRI

JAKARTA - Semua orang yang menjadi warga negara Indonesia wajib ikut mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai wujud cinta Tanah Air. Hal tersebut juga dapat dilakukan melalui bidang pekerjaan yang mereka jalani, begitu pun dengan profesi nelayan.

Nelayan yang mencari ikan di laut ternyata juga memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan NKRI, apalagi nelayan yang ada di perbatasan negara. Nelayan yang melaut di perbatasan negara dianggap sebagai komponen pendukung pertahanan keamanan perbatasan negara.

Melihat begitu pentingnya profesi nelayan bagi pertahanan keamanan perbatasan negara, baru-baru ini Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, selaku Kepala BNPP diagendakan meninjau pemberdayaan nelayan sebagai komponen pendukung pertahanan keamanan perbatasan negara di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Asisten Deputi Infrastruktur Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat, Nurdin, menyampaikan jumlah nelayan yang sudah diberdayakan 183 orang. Sejumlah nelayan ini diberdayakan sebagai Komponen Pendukung oleh Kementerian Pertahanan yang merupakan anggota BNPP.

"Nanti anggota BNPP yang lain akan memberikan dukungan, kita BNPP yang akan mensupport untuk koordinasi dan kolaborasinya," ujar Nurdin, Kamis (4/11/2021).

Nurdin menjelaskan kunjungan Menko Mahfud dan Menteri Tito ke Kabupaten Natuna adalah bentuk perhatian serius pemerintah dengan hadirnya negara di perbatasan, guna mendorong percepatan pembangunan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan, serta meningkatkan prasarana pertahanan keamanan di Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT). 

Kegiatan ini juga sebagai langkah untuk memperkuat koordinasi dan integrasi antar Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam penanganan pulau-pulau kecil dan terluar. Rencananya kunjungan akan dilaksanakan pada 23-25 November 2021.

Peninjauan pemberdayaan nelayan sebagai komponen pendukung pertahanan keamanan perbatasan negara di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau adalah salah satu kegiatan yang telah diagendakan. Selain itu Menko Mahfud dan Menteri Tito juga diagendakan Meninjau PPKT Pulau Sekatung dan Lokpri Kecamatan Pulau Laut, Meninjau Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19, Mendukung Percepatan Vaksinasi dan Evaluasi Penerapan PPKM, serta Meninjau Layanan Dukcapil (GISA).

(Humas BNPP)

Related Tags
perbatasan,bnpp,
Social Share