Pasca Siklon Tropis Seroja, Patok Batas RI-RDTL Perlu Disurvei

Keterangan Gambar : Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Robert Simbolon memimpin Rapat Tindak Lanjut Hasil Monev Kondisi Patok/Pilar Batas RI-RDTL Pasca Siklon Tropis Seroja


By admin bnpp 07 Jun 2021, 17:58:26 WIB

Pasca Siklon Tropis Seroja, Patok Batas RI-RDTL Perlu Disurvei

 

JAKARTA - Sejumlah wilayah di Indonesia dilanda dampak dari siklon tropis seroja pada awal April tahun ini, tidak terkecuali daerah perbatasan negara yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kini pasca terjadinya siklon tropis seroja, Indonesia dipandang perlu melaksanakan survei untuk memastikan kondisi seluruh patok batas negara antara Indonesia dan Republic Democratic Timor Leste (RDTL).

Baru-baru ini Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Robert Simbolon memimpin Rapat Tindak Lanjut Hasil Monev Kondisi Patok/Pilar Batas RI-RDTL Pasca Siklon Tropis Seroja yang dihadiri oleh Danrem 161/Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Legowo WR Jatmiko, para pejabat yang mewakili Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Mabes TNI, Badan Informasi Geospasial (BIG), Direktorat Topografi Angkatan Darat (Dittopad), Pemda (Badan Pengelola Perbatasan Provinsi NTT dan Kabupaten Belu), serta para Asdep dan jajaran Lingkup Kedeputian I BNPP di Bandung.

Robert menjelaskan setelah menerima pemaparan atas hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) kondisi patok/pilar batas negara RI-RDTL pasca siklon tropis Seroja dari Danrem Kupang selaku Dankolakops Pamtas, Pemprov NTT, Pemkab Belu, dan Tim Monev Asdep Batas Darat Depiti I BNPP, serta mendengar pandangan dari para peserta rapat, telah disimpulkan beberapa hal untuk ditindaklanjuti seperti perlu dilakukan survei menyeluruh atas kondisi patok/pilar batas negara wilayah darat RI-RDTL meliputi wilayah Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Timur Tengah Utara, dan Kabupaten Kupang.

Selanjutnya data patok/pilar batas negara yang terdampak siklon tropis Seroja, perlu dilakukan validasi untuk memastikan jumlah dan posisi koordinat patok/pilar yang masih dalam kondisi baik, rusak, dan yang sudah hilang.

"Hasil validasi di atas akan disampaikan dengan surat Bapak Mendagri selaku Kepala BNPP kepada Ibu Menlu untuk dijadikan bahan pembicaraan lanjut dengan pihak RDTL terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan secara resiprokal atau bilateral," ujar Robert, Senin (7/6/2021).

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan siklon tropis yang terjadi di NTT beberapa waktu lalu merupakan yang terkuat kedua setelah sebelumnya pernah terjadi pada 2008.

Dampak siklon tropis seroja yang terjadi di NTT pada awal April tahun ini juga menimbulkan korban jiwa serta membuat puluhan ribu masyarakat harus mengungsi. Selain itu dinding penahan tanah dan saluran air yang tersambung ke Bendungan Haekesak juga terdampak siklon tropis seroja ini.

"Kementerian PUPR perlu didorong untuk memprioritaskan penanganan atau perbaikan dinding penahan tanah yang tergerus oleh arus sungai yang besar akibat badai siklon tropis Seroja, termasuk saluran air yang tersambung dengan Bendungan Haekesak, yang semuanya berabikat pada terdampaknya patok/pilar batas negara RI-RDTL. BNPP akan mengoordinasikan lanjut penyusunan rencana kerja dan anggaran untuk mendukung pelaksanaan hal-hal di atas," pungkasnya.

(Humas BNPP)

Related Tags
perbatasan,bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

table

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.