Pembukaan PLBN Skouw di Perbatasan RI-PNG Ditunda, Ini Alasannya

Keterangan Gambar : PLBN Skouw Dok.BNPP


By admin bnpp 28 Jul 2021, 11:15:59 WIB

Pembukaan PLBN Skouw di Perbatasan RI-PNG Ditunda, Ini Alasannya

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengungkapkan alasan mengapa Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw di Distrik Muaratami, Kota Jayapura yang berbatasan dengan negara Papua New Guinea (PNG) belum bisa dibuka kembali untuk perlintasan orang dan barang.

Sempat diberitakan bahwa pintu PLBN Skouw akan dibuka pada 21 Juli 2021, namun rencana tersebut harus ditunda karena di wilayah Papua (RI) dan Vanimo (PNG) mengalami trend peningkatan penyebaran Covid-19. 

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon, menyampaikan pembukaan PLBN Skow untuk aktivitas perdagangan pada prinsipnya merupakan kesepakatan dua pihak dalam hal ini Indonesia dan PNG. Wilayah Papua dan Vanimo mengalami trend peningkatan penyebaran Covid-19, sehingga pembukaan pintu gerbang kedua negara ditunda demi keselamatan masyarakat perbatasan. 

"Penundaan pembukaan PLBN Skouw tersebut tidak lain tidak bukan adalah untuk memprioritaskan keselamatan dan kesehatan masyakarat yang lebih besar dari kedua negara khususnya di kawasan perbatasan," ujar Robert, Rabu (28/7/2021).

Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara (Tasbara) BNPP, Murtono, menambahkan pembukaan pintu perbatasan tidak dapat hanya diinginkan oleh salah satu pihak, yang diikuti dengan kesiapan teknis dan administratif. Kesiapan teknis dalam hal ini penerapan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di PLBN Skouw dan Pos Lintas Batas (PLB) Wutung, serta dukungan fasilitasi kesehatan penunjangnya baik di Kota Jayapura di sisi Indonesia dan Vanimo di sisi PNG. 

Faktor lain yang membuat PLBN Skouw belum dapat dibuka adalah Kota Jayapura masuk dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Covid-19 di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

"Sesuai Inmendagri No 25 Tahun 2021 bahwa Kota Jayapura termasuk daerah yang diberlakukan  PPKM Level 4," kata Murtono.

(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.