Pemerintah Kampanyekan #Tidakmudik Untuk Tekan Lonjakan Kasus Covid-19

Keterangan Gambar : Ilustrasi #TidakMudik (Dok Kementerian Perhubungan)


By admin bnpp 04 Mei 2021, 15:23:28 WIB

Pemerintah Kampanyekan #Tidakmudik Untuk Tekan Lonjakan Kasus Covid-19

JAKARTA - Pemerintah resmi meniadakan mudik selama Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah untuk seluruh masyarakat Indonesia pada periode 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021 dengan tagline #TidakMudik 2021. 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan Pemerintah dalam melarang mudik lebaran tahun 2021 adalah melihat dari pengalaman libur panjang di tahun 2020 dan 2021 yang menyebabkan lonjakan kasus dengan diikuti peningkatan angka kematian dan untuk menjaga tren kasus baru Covid-19 yang selama dua bulan terakhir mulai menurun.

Kampanye #TidakMudik 2021 terus disosialisasikan berbagai Kementerian/Lembaga (K/L) melalui seluruh kanal media sosial dengan berbagai narasi berupa video pendek, infografis, regulasi, poster dan booklet. Hal ini sebagai wujud sinergi komunikasi publik K/L untuk membantu menekan angka orang yang masih bersikeras untuk mudik.

Narasi yang dibangun saat ini bukan #LaranganMudik tetapi #TidakMudik karena keinginan kita sendiri. Karena dengan kata larangan, respon benturan dari masyarakat cenderung tinggi. Maka dari itu, K/L diharapkan bisa menggunakan pendekatan-pendekatan yang persuasif, sehingga tidak membangun benturan-benturan terhadap pemerintah, namun komitmen dari masyarakat sendiri.

Merujuk pada Adendum SE Satgas no 13, ada 3 periode pengendalian pelarangan mudik, yaitu :
1. Periode Pra Pelarangan Mudik (22 April-5 Mei 2021)
Perjalanan dalam negeri diperketat dengan syarat perjalanan hasil tes Covid-19 baik itu PCR test, Antigen yang berlaku hanya 1x24 jam dari jam keberangkatan, serta surat keterangan hasil tes negatif GeNose C19 di Bandar Udara/Pelabuhan/Stasiun sebelum keberangkatan, berlaku untuk transportasi laut, udara, dan kereta api. Sedangkan transportasi darat termasuk kendaraan pribadi, penumpang dihimbau melakukan tes, dan dimungkinkan dilakukan tes acak di rest area.

2. Periode Pelarangan Mudik (6-17 Mei 2021)
Dilakukan pelarangan mudik, semua transportasi untuk mudik ditiadakan. Kecuali untuk kepentingan tertentu yang masih boleh berjalan sesuai dengan ketentuan. Akan dilakukan penyekatan di jalan tol, arteri, jalan provinsi, jalan kabupaten/kota, dan sudah disiapkan titik penyekatan sebanyak 338 di seluruh Lampung, Jawa, dan Bali.

3. Periode Pasca Pelarangan Mudik (18 Mei-24 Mei 2021)
Perjalanan dalam negeri diperketat dengan syarat perjalanan hasil tes Covid-19 baik itu PCR test, Antigen yang berlaku hanya 1x24 jam dari jam keberangkatan, serta surat keterangan hasil tes negatif GeNose C19 di Bandar Udara/Pelabuhan/Stasiun sebelum keberangkatan. Berlaku untuk transportasi laut, udara, dan kereta api. Sedangkan transportasi darat termasuk kendaraan pribadi, penumpang dihimbau melakukan tes, dan dimungkinkan dilakukan tes acak di rest area.

Dalam periode Pra dan Pasca Pelarangan Mudik ini, pergerakan masih diperbolehkan tetapi masyarakat dihimbau untuk tidak mudik dan tidak melakukan perjalanan jika tidak mendesak.

Di samping kampanye #TidakMudik ini, seluruh masyarakat Indonesia juga tidak boleh lengah karena harus berhadapan dengan situasi wilayah aglomerasi. Hal ini akan menciptakan kerumunan baru karena tingkat mobilitas masyarakat dapat melonjak hingga tiga kali lipat dibandingkan sebelum puasa.


(Humas BNPP)

Related Tags
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.