Pengingat Perjuangan Founding Fathers, Patung Soekarno Dibangun di Semua PLBN

Keterangan Gambar : Deputi II BNPP Komjen Paulus Waterpauw bersama Kepala PLBN Skouw Yan Numberi, Kepala Seksi Kasubdit Keamanan dan Kebersihan PLBN Skouw Brendina Mathilda Pusung meninjau Patung Bung Karno di PLBN Skouw, Selasa (16/11/2021). (foto: nethy ds)


By admin bnpp 17 Nov 2021, 14:28:50 WIB

Pengingat Perjuangan Founding Fathers, Patung Soekarno Dibangun di Semua PLBN

JAKARTA - Sebagai pengingat perjuangan Founding Fathers untuk memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia, setiap Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu yang dibangun di perbatasan negara memiliki patung Soekarno atau Bung Karno.

Menurut Peraturan Badan Nasional Pengelola Perbatasan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tipologi PLBN, patung Soekarno dibangun di PLBN darat dan PLBN laut, baik tipe A, tipe B, dan tipe C. 

PLBN memiliki dua zona yakni zona inti dan zona penunjang. Monumen patung Soekarno dibangun di zona penunjang.

Baru-baru ini Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Komjen Pol Paulus Waterpauw, mengunjungi PLBN Skouw di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, yang merupakan tempat pengawasan dan pelayanan lintas batas negara di kawasan perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Menurut Deputi Paulus, penempatan patung Soekarno di setiap PLBN sangat bagus karena dapat memberikan pemahaman bahwa kita tidak boleh melupakan jasa Founding Fathers.

"Tidak boleh lupa, kita dalam keadaan seperti sekarang ini, maju seperti saat ini karena pendahulu kita, para founding fathers, mereka berjuang, ditahan bahkan kehilangan jiwa raganya untuk berdirinya negeri ini," ujar Deputi Paulus, Selasa (16/11/2021).

Patung Soekarno saat ini sudah berdiri di 8 PLBN yang dibangun oleh anggota BNPP yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 8 PLBN tersebut adalah PLBN Aruk, PLBN Entikong dan PLBN Badau di Provinsi Kalimantan Barat; PLBN Motamasin, PLBN Motaain dan PLBN Wini di Provinsi Nusa Tenggara Timur; serta PLBN Skouw dan PLBN Sota di Provinsi Papua.

(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share