Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, BPM Adz Zikra BNPP Gelar Ceramah Webinar dan Santunan Anak Yatim
By admin bnpp 06 Nov 2021, 08:06:57 WIB

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, BPM Adz Zikra BNPP Gelar Ceramah Webinar dan Santunan Anak Yatim

JAKARTA - Badan Pengurus Masjid Adz-Zikra di lingkungan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyelenggarakan Ceramah Webinar bersama Ustadz Subki Al-Bughury untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Ceramah Webinar yang mengambil tema 'Meneladani Nabi Muhammad Sebagai Pribadi yang Utuh dan Tangguh' ini diselenggarakan pada Rabu (3/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, mengatakan Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang memiliki kesempurnaan sebagai pribadi yang utuh, dan juga tangguh, yang lolos dalam berbagai ujian, sebagai teladan yang baik, uswatun hasanah, bagi kita semua. Restuardy mengingatkan kepada para peserta ceramah untuk senantiasa memperkuat iman dengan nilai agama sehingga bisa dijauhkan dari hal-hal yang tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah. 

Restuardy juga mengingatkan untuk terus waspada kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang memperjuangkan cara-cara tertentu untuk kepentingannya sendiri atau kepentingan tertentu, yang dapat merugikan orang lain.

"Ditengah disrupsi informasi saat ini, seyogyanya saat menerima informasi jangan langsung kita telan mentah-mentah, namun perlu kita cerna dan perlu kita pahami secara utuh. Mudah-mudahan kita tidak mudah dimanfaatkan oleh pihak lain, menjaga persatuan dan kesatuan adalah tugas kita semua, yaitu menjaga keutuhan dan Bhinneka Tunggal Ika. Memanipulasi hal itu dapat dikatakan suatu pengingkaran tidak hanya terhadap konstitusi atau peraturan perundangan tapi juga niali-nilai reliigi yang kita anut. Rasulullah telah memberikan contoh membangun persatuan dan kesatuan di kalangan kaum Muhajirin dan Anshar," ujar Restuardy.

Dalam acara ini Ustadz Subki Al-Bughury menjelaskan Nabi Muhammad SAW merupakan contoh dalam perkataan, perbuatan, dan setiap keadaan dari kehidupan. Sifat utama Nabi Muhammad SAW adalah Shiddiq (jujur dapat dipercaya), Amanah (menjaga amanah), Tabligh (menyampaikan semua ajaran dan tidak ada satupun yang ditutupi atau tidak disampaikan, dan Fathanah (memiliki kecerdasan sebagai anugerah Yang Maha Kuasa dalam mengajar ummatnya).

Nabi Muhammad SAW adalah manusia terbaik dengan kepribadian yang utuh. Hal tersebut dapat dilihat ketika Nabi Muhammad SAW sebagai Panglima, Suami, Ayah dan kakek, Pendidik Ummat, Sahabat, Keluarga, Anak, Musuh, dan Saudagar. 

Ustadz Subki juga menjelaskan bahwa dengan mencontoh Nabi Muhammad SAW dalam perkataan, perbuatan, cara berpakaian, dan cara makan-minum akan memberikan pahala yang berlipat ganda. Hal tersebut dapat diterapkan para peserta dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga maupun tempat kerja seperti di lingkungan kantor BNPP.

"Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan yang lain, yang apabila kita mengikuti beliau, kita akan mendapatkan pahala berqudwah. Tidak semua orang bisa mengikuti Nabi dan yang  bisa mengikuti Nabi hanya orang-orang yang beriman dan yang percaya kepada Nabi," kata Ustadz Subki.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BPM Adz-Zikra BNPP, Andri Indrawan, menyampaikan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini diselenggarakan untuk membangkitkan syiar dan semangat membangun keislaman di lingkungan BNPP. 

BPM Adz Zikra juga berkesempatan memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu. Santunan diberikan secara simbolis oleh Ketua BPM Adz Zikra Andri Indrawan dan diterima oleh perwakilan anak yatim piatu.

(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share