Presiden Jokowi Akan Resmikan PLBN Sota di Merauke Bulan Oktober

Keterangan Gambar : Dialog Presiden Joko Widodo dengan Perwakilan Masyarakat Poso dan Merauke, 17 Agustus 2021


By admin bnpp 17 Agu 2021, 21:05:52 WIB

Presiden Jokowi Akan Resmikan PLBN Sota di Merauke Bulan Oktober

JAKARTA - Perayaan HUT Republik Indonesia ke-76 menjadi moment bahagia bagi masyarakat di perbatasan negara, karena Presiden Joko Widodo menyampaikan akan menyambangi daerah perbatasan yakni Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada bulan Oktober mendatang.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat melakukan dialog bersama masyarakat Poso, Sulawesi Tengah dan Merauke, Papua melalui konferensi video setelah Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, yang telah disiarkan melalui kanal youtube Sekretariat Presiden pada hari ini, Selasa (17/8/2021).

Presiden Jokowi mengatakan dirinya akan hadir di bumi cendrawasih saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 yang akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021. Moment tersebut juga akan digunakan Presiden Jokowi untuk meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang saat ini sudah dikelola Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

"Terima kasih Merauke, nanti ketemu di bulan Oktober saat PON sama nanti sekaligus kita resmikan PLBN di Sota. Terima kasih Dirgahayu Republik Indonesia," ujar Presiden Jokowi sambil melambaikan tangan.

Pada kesempatan tersebut Perwakilan masyarakat Merauke mengungkapkan rasa terima kasih dan rasa bangganya karena berkesempatan untuk mengikuti Upacara HUT RI ke-76 dari titik 0 Km di PLBN Sota dan berinteraksi langsung dengan Presiden secara virtual. 

"Izinkan kami masyarakat Merauke mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-76. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah memberikan (kesempatan) kepada kami untuk berinteraksi langsung dengan Bapak Presiden pada momentum Hari Kemerdekaan ini. Kami bersyukur di usia NKRI ke-76 ini kami warga Merauke senantiasa hidup dalam kedamaian dan kerukunan karena Merauke adalah istana damai," ujar perwakilan dari Merauke.

Dalam masa kepemimpinannya Presiden Jokowi fokus dalam membangun perbatasan negara menjadi beranda depan yang berdaya saing. Melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang merupakan anggota BNPP diinstruksikan membangun 11 PLBN di perbatasan negara dimana PLBN Sota adalah satu diantaranya. PLBN Sota dibangun di Kabupaten Merauke yang berbatasan dengan negara tetangga Papua New Guinea.

Adapun 10 PLBN lain yang akan dikerjakan Kementerian PUPR adalah PLBN Sei Nyamuk, PLBN Long Midang/Krayan, PLBN Long Nawang dan PLBN Labang yang direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kalimantan Utara.

Sementara PLBN Jagoi Babang dan PLBN Sei Kelik/Jasa direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kalimantan Barat. PLBN Serasan direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kepulauan Riau. PLBN Napan dan Oepoli direncanakan untuk dibangun di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Serta PLBN Yetetkun direncanakan untuk dibangun di Provinsi Papua.

 

(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share