Presiden Jokowi Luncurkan Core Values dan Employer Branding ASN

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Launching Core Values dan Employer Branding ASN secara virtual (Dok: BPMI Setpres)


By admin humas 27 Jul 2021, 17:53:21 WIB

Presiden Jokowi Luncurkan Core Values dan Employer Branding ASN

JAKARTA - Peluncuruan Core Values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa" oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (27/7/2021).

Peluncuran core values dan employer branding ASN bersamaan dengan Penetapan Hari Jadi dan peluncuran logo baru Kemenpan RB.

Tujuan diluncurkannya core values ini adalah untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Core values BerAKHLAK yang dimaksud merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menegaskan setiap ASN dimanapun bertugas sudah seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar dan semboyan yang sama. 

"Profesi ASN sebagai dosen, guru, jaksa, dokter, perawat, analis kebijakan, sebagai administrator, juga petugas Satpol PP seharusnya mempunyai core value yang sama. Bahkan pegawai BUMN dan pegawai-pegawai yang lain juga sebaiknya mempunyai proposisi nilai rujukan yang sama," ungkapnya.

Presiden Jokowi juga berpesan agar setiap ASN mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Jiwa melayani serta membantu masyarakat wajib tertanam kuat dalam diri setiap ASN. Menurutnya, bukan zamannya lagi ASN bergaya seperti pejabat zaman kolonial, yang justru minta dilayani.

ASN yang dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan oleh negara untuk melayani dan membantu masyarakat, sudah sepatutnya menggunakan otoritas ini secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada bangsa, negara, dan menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis.

Dikutip dari menpan.go.id, core values BerAKHLAK dilatarbelakangi oleh adanya penerjemahan yang berbeda-beda terhadap nilai-nilai dasar serta kode etik dan kode perilaku ASN yang tertuang dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN. Karenanya, perlu ditetapkan satu core values ASN untuk mensarikan nilai-nilai dasar ASN ke dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Berbagai nilai-nilai yang ada di instansi pemerintah digabungkan dan dikerucutkan menjadi tujuh nilai yang dapat berlaku secara umum.

Dengan ditetapkannya core values memberikan penguatan budaya kerja ASN yang profesional sekaligus memudahkan proses adaptasi bagi ASN ketika melakukan mobilitas antar instansi pemerintah. Kolaborasi lintas instansi pemerintah ini dimaksudkan untuk memecahkan masalah yang tidak bisa ditangani oleh satu kementerian atau lembaga, daerah, maupun satu keahlian atau disiplin ilmu.

"Oleh karena itu, di dunia yang serba hybrid dan kolaboratif saat ini, tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah dan ego ilmu," pungkasnya.

Acara yang diselenggarakan secara virtual ini dihadiri oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Lembaga, Sekjen/Sestama/ Sekretaris Kementerian dan Lembaga, Gubernur, Bupati, Wali Kota, Sekda Provinsi/Kabupaten/Kota, termasuk Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang diwakili Kepala Biro Hukum, Organisasi, dan Kepegawaian.
 

(Humas BNPP dan Sumber Lain)

Related Tags
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.