Tindaklanjuti Arahan Presiden, BNPP Persiapkan Peresmian PLBN Sota Bulan Oktober

Keterangan Gambar : PLBN Sota Dok.BNPP


By admin bnpp 21 Agu 2021, 16:03:24 WIB

Tindaklanjuti Arahan Presiden, BNPP Persiapkan Peresmian PLBN Sota Bulan Oktober

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Sekretariat Presiden, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga menindaklanjuti rencana Presiden Joko Widodo yang akan mengunjungi Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, untuk meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota pada bulan Oktober mendatang.

Untuk menyukseskan rencana Presiden Jokowi tersebut BNPP telah menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Peresmian PLBN Sota secara virtual dan diikuti oleh Sekretaris BNPP, Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Kelompok Ahli (Pokli BNPP), Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR beserta jajaran, pejabat Kemenko Polhukam, pejabat Setpres (Protokol Istana), pejabat Kemenpora, serta Asdep Tasbara BNPP dan jajaran, pada Jumat (20/8/2021).

Rencana Presiden Jokowi meresmikan PLBN Sota telah disampaikan saat melakukan dialog bersama masyarakat Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Merauke, Provinsi Papua melalui konferensi video setelah Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, yang telah disiarkan melalui kanal youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021).

Presiden Jokowi mengatakan dirinya akan hadir di bumi cendrawasih saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 yang akan diselenggarakan pada Oktober 2021. Moment tersebut juga akan digunakan Presiden Jokowi untuk meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang saat ini sudah dikelola BNPP.

"Terima kasih Merauke, nanti ketemu di bulan Oktober saat PON. Insyaallah nanti sekaligus kita resmikan PLBN di Sota. Terima kasih, Dirgahayu Republik Indonesia," ujar Kepala Negara.

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, menyampaikan setelah melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Peresmian PLBN Sota, BNPP akan terus berkoordinasi terkait kepastian tanggal pelaksanaan pembukaan PON XX dan peresmian PLBN Sota oleh Presiden Jokowi.

"Kami akan terus berkoordinasi bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait untuk memastikan tanggal pembukaan PON XX dan peresmian PLBN Sota yang berada di Kabupaten Merauke oleh Presiden Jokowi," kata Restuardy, Sabtu (21/8/2021).

Sementara Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Robert Simbolon, menambahkan beberapa kegiatan akan dilaksanakan sebelum Presiden Jokowi meresmikan PLBN Sota di perbatasan negara.

Robert menuturkan sebagai persiapan awal Tim BNPP dan Ditjen Cipta Karya akan turun ke PLBN Sota untuk mengecek kondisi fisik PLBN Sota. Selain itu Tim BNPP juga akan mengoordinasikan seluruh unsur Custom, Immigration, Quarantine, Security (CIQS) untuk persiapan mengisi counter-counter pelayanan di PLBN Sota.

"Untuk pengecekan kondisi PLBN Sota dan pengisian unsur CIQS, kami juga akan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke beserta seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Merauke," tambah Robert.

Melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, Kementerian PUPR yang merupakan anggota BNPP diinstruksikan membangun 11 PLBN di perbatasan negara dimana PLBN Sota adalah satu diantaranya. PLBN Sota dibangun di Kabupaten Merauke yang berbatasan dengan negara tetangga Papua New Guinea.

Adapun 10 PLBN lain yang akan dikerjakan Kementerian PUPR adalah PLBN Sei Nyamuk, PLBN Long Midang/Krayan, PLBN Long Nawang dan PLBN Labang yang direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kalimantan Utara.

Sementara PLBN Jagoi Babang dan PLBN Sei Kelik/Jasa direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kalimantan Barat. PLBN Serasan direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kepulauan Riau. PLBN Napan dan Oepoli direncanakan untuk dibangun di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Serta PLBN Yetetkun direncanakan untuk dibangun di Provinsi Papua.


(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share