Tingkatkan Mutu Beras Distrik Muara Tami, Kementan Upgrade RMU dan Bangun Gudang Beras

Keterangan Gambar : Ilustrasi Alat Rice Milling Unit (RMU). Dokumen pascapanen.litbang.pertanian.go.id


By admin humas 15 Feb 2021, 16:31:23 WIB

Tingkatkan Mutu Beras Distrik Muara Tami, Kementan Upgrade RMU dan Bangun Gudang Beras

JAKARTA - Kementerian Pertanian yang merupakan Anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan melaksanakan upgrading Rice Milling Unit (RMU) dan pembangunan pergudangan beras di Kelurahan Koya Barat dan Koya Timur, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain dan Skouw yang berlaku sejak 11 Januari 2021.  

Berdasarkan papua.litbang.pertanian.go.id pada tahun 2017 Keluharan Koya Barat dan Koya Timur merupakan Kelurahan yang digunakan sebagai lokasi kegiatan pengembangan budidaya padi sawah oleh Dinas Pertanian Kota Jayapura yang bekerja sama dengan Kementerian Pertanian.  

Kelurahan Koya Barat sendiri dikenal sebagai kawasan agropolitan dan minapolitan, serta memiliki potensi pertanian yang sangat besar antara lain padi sawah. Selain itu sejak dahulu Koya Barat merupakan penghasil beras dan memasok kebutuhan beras wilayah Jayapura dan sekitarnya.

Sebagai informasi RMU merupakan mesin penggilingan padi yang hanya menggunakan satu langkah dimana pecah kulit dan penyosohan dilakukan dalam satu kali proses untuk menghasilkan beras sosoh. 

Dikutip dari Flywheel: Jurnal Teknik Mesin Untirta Volume III Nomor 2 Tahun 2017, RMU menjadi sangat penting karena berkaitan erat dengan peningkatan mutu beras. Semakin tinggi kualitas beras yang dihasilkan maka nilai jual atau nilai ekonomi dari beras akan meningkat sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih. Dituliskan disana bahwa RMU sangat efisien untuk digunakan oleh pelaku usaha dengan nilai efisiensi sebesar 91,2 persen. 

Dengan kegiatan upgrading RMU nantinya diharapkan kapasitas giling dari seluruh penggilingan padi di Kelurahan Koya Barat dan Koya Timur dapat tercukupi baik dari segi produksi maupun penanganan pasca panennya. Sedangkan untuk penyimpanan beras sebagai cadangan maka perlu juga dibangun pergudangan beras disana agar mutu beras yang dihasilkan tetap terjaga.

Selain itu kegiatan upgrading RMU dan pembangunan pergudangan beras diharapkan bisa menjadikan Kelurahan Koya Barat dan Koya Timur sebagai sentra penghasil beras di Papua dan dapat mengekspor ke negara tetangga Papua New Guinea. 

Kementerian Pertanian diberikan waktu paling lambat dua tahun untuk menyelesaikan upgrading RMU di Kelurahan Koya Barat dan Koya Timur dengan volume dua unit serta pembangunan pergudangan beras di Kelurahan Koya Barat dengan volume satu unit.


(Humas BNPP)

Related Tags
pksn,perbatasan,
Social Share