Tunjang Kehidupan Masyarakat di Perbatasan RI-PNG, Pemerintah Akan Bangun Tambatan Perahu

Keterangan Gambar : Ilustrasi Tambatan Perahu. Dok: Kementerian PUPR


By admin humas 03 Mar 2021, 17:03:09 WIB

Tunjang Kehidupan Masyarakat di Perbatasan RI-PNG, Pemerintah Akan Bangun Tambatan Perahu

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga merupakan anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menyelesaikan pembangunan tambatan perahu di Kampung Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua. 

Dikutip dari kampungenggros.info, Kampung Enggros adalah kampung unik yang terapung di atas wilayah perairan Teluk Youtefa dengan luas wilayah 33,37 Ha. Disana banyak ditemukan tambak ikan yang menjadi salah satu mata pencaharian warga Kampung Enggros. Dari 103 penduduk usia kerja, 55% atau 57 penduduknya adalah berprofesi sebagai nelayan.

Karena akses ekonomi di Kampung Enggros yang hanya dapat dijangkau melalui perairan, maka pembangunan sarana penunjang seperti tambatan perahu sangatlah diperlukan. Hal ini mengingat tambatan perahu merupakan urat nadi aktivitas sehari-hari, perikanan, bahkan pariwisata di Kampung Enggros.

Dengan adanya tambatan perahu, nelayan tidak perlu mengkhawatirkan perahu rusak akibat dihempas ombak. Selain itu, nelayan dapat maksimal dalam mengangkut hasil panen atau hasil tangkapan ikan. Mengingat Kampung Enggros juga diarahkan menjadi kampung wisata, maka turis lokal maupun internasional dapat menambatkan perahunya di tambatan perahu ini ketika akan berkunjung ke Kampung Enggros.

Apabila sarana penunjang di Kampung Enggros telah terpenuhi dan lebih memudahkan aktivitas masyarakat, diharapkan nantinya aktivitas masyarakat berjalan dengan lancar dan hasil produksi perikanan pun bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kampung Enggros.

Penyelesaian pembangunan tambatan perahu di Kampung Enggros oleh Kementerian PUPR akan dikerjakan dengan volume 10 unit dalam jangka waktu dua tahun. Hal ini tertuang dalam lampiran Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain dan Skouw.


(Humas BNPP)

Related Tags
pksn,perbatasan,
Social Share