UNODC Latih Petugas Imigrasi dan Pengelola PLBN Untuk Cegah Penyelundupan di Perbatasan
By admin bnpp 27 Okt 2021, 17:53:27 WIB

UNODC Latih Petugas Imigrasi dan Pengelola PLBN Untuk Cegah Penyelundupan di Perbatasan

JAKARTA - Petugas Imigrasi dan Pengelola Pos Lintas Batas Negara (PLBN) diberikan  pelatihan pencegahan penyelundupan bagi petugas terdepan perbatasan (Anti-Smuggling Training For Frontline Officers) oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC). Hal ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan dalam paket kerjasama BNPP dan UNODC.

Sebanyak 20 Petugas Imigrasi dan Pengelola dari 8 PLBN (PLBN Aruk, PLBN Entikong, PLBN Badau, PLBN Motaain, PLBN Motamasin, PLBN Wini, PLBN Skouw, dan PLBN Sota) menjalani pelatihan selama 5 hari pada 25-29 Oktober 2021, di Hotel Ciputra, Semarang.

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Robert Simbolon, menyampaikan dirinya bersama dengan Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat BNPP, pejabat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), pejabat Badan Narkotika Nasional (BNN), dan para pelatih dari UNODC (Jakarta dan Bangkok) menjadi narasumber atau pelatih dalam pelatihan ini.

Adapun pokok-pokok materi yang diberikan kepada para petugas Imigrasi dan pengelola dari 8 PLBN adalah Konvensi PBB untuk kejahatan terorganisir lintas batas negara; Situasi, tren, dan pola aktifitas  penyelundupan dan kejahatan lintas batas negara pada masa pandemi Covid-19 di kawasan Asia Pasifik pada umumnya dan di Indonesia khususnya, terutama kejahatan terorisme, narkoba, perdagangan manusia, dan penyelundupan barang; Peningkatan efektifitas pengawasan aktifitas lintas batas negara di PLBN; Alat-alat dan bukti-bukti digital dalam deteksi kejahatan lintas batas negara; serta Latihan praktek mengenai pengawasan orang dan barang, deteksi dokumen palsu, metode-metode deteksi penggunaan narkoba di lapangan, deteksi penipuan oleh pelintas batas negara (deteksi kebohongan), dan manajemen dan asessement resiko.

Robert mengungkapkan setelah pelatihan ini selesai BNPP akan menerima hibah dari UNODC berupa beberapa peralatan untuk digunakan di PLBN.

"Setelah pelatihan ini selesai, diagendakan untuk dilakukan penyerahan hibah beberapa peralatan untuk digunakan di PLBN. Penyerahan secara simbolis akan dilaksanakan di Kantor BNPP Jakarta oleh pihak UNODC kepada Bapak Sekretaris selaku Pengguna Barang BNPP," kata Robert, Rabu (27/10/2021).

(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share