Logo BNPP
Badan Nasional Pengelola PerbatasanRepublik Indonesia (BNPP RI)
Beranda

|

Berita

PLBN

PLBN Napan Fasilitasi Layanan Eazy Passport untuk Masyarakat Perbatasan RI-RDTL

Dibuat Admin BNPP

12 Aug 2025, 16:09 WIB

PLBN Napan Fasilitasi Layanan Eazy Passport untuk Masyarakat Perbatasan RI-RDTL
PLBN Napan Fasilitasi Layanan Eazy Passport untuk Masyarakat Perbatasan RI-RDTL
PLBN Napan Fasilitasi Layanan Eazy Passport untuk Masyarakat Perbatasan RI-RDTL

Napan, NTT - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan memfasilitasi kegiatan layanan Eazy Passport yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (11/8/2025).


Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Mess Pegawai PLBN Napan ini dihadiri oleh Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanim Kelas II TPI Atambua, Nursetya Ibnu Mudhir, beserta jajaran petugas Imigrasi Atambua, pegawai dan petugas PLBN Napan, serta masyarakat Desa Napan. 


Layanan Eazy Passport menyasar masyarakat sekitar PLBN Napan, khususnya yang membutuhkan kemudahan akses untuk pembuatan paspor. Kini, masyarakat di wilayah perbatasan Napan semakin dimudahkan dalam pengurusan dokumen perjalanan internasional. 


Dalam kegiatan tersebut, Imigrasi Atambua melayani pengurusan Paspor Biasa Non-Elektronik dengan masa berlaku 5 tahun dan Paspor Biasa Elektronik (e-paspor) dengan masa berlaku 10 tahun. 


Berdasarkan data Imigrasi Atambua, tercatat 61 orang memanfaatkan layanan ini, didominasi oleh warga lanjut usia yang membutuhkan paspor untuk keperluan administratif perlintasan antara Indonesia dan Timor Leste.


Kepala PLBN Napan, Don Gaspar, menyampaikan apresiasinya terhadap layanan yang diberikan untuk kemudahan masyarakat perbatasan.


“Ke depan, kami berharap kuota pelayanan dapat ditingkatkan, sehingga lebih banyak warga perbatasan yang terbantu dalam mengurus paspor,” ujarnya.


Don Gaspar menambahkan, jarak tempuh yang cukup jauh ke Kota Atambua kerap menjadi kendala bagi masyarakat perbatasan dalam mengurus paspor. 


“Dengan adanya layanan seperti ini, hambatan jarak dapat teratasi. Masyarakat tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh hanya untuk mengurus paspor,” jelasnya.


Kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen PLBN Napan dan Kantor Imigrasi Atambua dalam meningkatkan pelayanan publik di kawasan perbatasan. 


Dengan adanya layanan jemput bola seperti Eazy Passport, diharapkan semakin banyak warga yang memiliki dokumen perjalanan resmi, sehingga dapat mendukung mobilitas lintas batas yang aman, tertib, dan legal.



Penulis: Titin

Editor: Bagas R

Share

Kategori Berita

Berita BNPP

909

PLBN

486

Berita Nasional

70

Berita Perbatasan

252

Pers Rilis

37

Berita Utama

725

Berita Terbaru

https://apibackend.bnpp.go.id/images/news/803e067d-e9b0-44c8-8fab-9a59d6e8199a.jpeg

Merah Putih Sambut HUT ke-80 RI di PLBN Labang

https://apibackend.bnpp.go.id/images/news/28e4a37b-6b84-4417-b94f-9ca1ed3be1e5.jpeg

BNPP RI dan PT PFN Bahas Rencana Festival Film Pendek Angkat Kisah Perbatasan Indonesia

https://apibackend.bnpp.go.id/images/news/703841fa-62ca-43e4-af0f-ef68adb76402.jpeg

PLBN Napan Fasilitasi Layanan Eazy Passport untuk Masyarakat Perbatasan RI-RDTL

https://apibackend.bnpp.go.id/images/news/83c40d8f-426b-49d6-8440-56fb8d62c8fc.jpeg

PLBN Motaain Perpanjang Jam Layanan, Dorong Mobilitas dan Ekonomi Perbatasan

https://apibackend.bnpp.go.id/images/news/987d73c2-c8ca-4f51-8fd0-5de102759d5c.jpeg

PLBN Motamasin Fasilitasi Pemulangan WNA Timor Leste Sesuai Prosedur dan Standar Keamanan

Berita Terkait
Logo BNPP

Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI)

Location Icon

Jl. Kebon Sirih No.31A, RT.1/RW.5, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340

Phone Icon

021-31924491

Email Icon

info@bnpp.go.id

White Facebook Icon
White Twitter Icon
White Instagram Icon
White Tiktok Icon
White Youtube Icon

© Badan Nasional Pengelola Perbatasan - 2025