|
Berita
PLBN
PLBN Badau Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan di Tahun 2025
Dibuat Admin BNPP
24 Jan 2025, 9:38 WIB
Kapuas Hulu, KALBAR – Mengawali tahun 2025, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau yang dikelola oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP RI) menggelar kegiatan evaluasi kinerja pelayanan masyarakat di lintas batas negara pada, Rabu (22/01/2025).
Kegiatan evaluasi ini menjadi langkah awal PLBN Badau untuk berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, di lintas batas negara bersama dengan unsur Custom, Immigration, Quarantine, and Security (CIQS).
Dalam rapat tersebut, Kepala PLBN Badau Wendelinus Fanu, menekankan terkait dengan pentingnya kolaborasi dan komitmen bagi seluruh petugas di PLBN Badau.
“Kami akan fokus pada peningkatan kecepatan pelayanan, memperluas sosialisasi informasi kepada pelintas, dan memastikan keramahan dalam melayani masyarakat,” ujar Wendelinus.
Ia menyebut, bahwa PLBN Badau memperoleh hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tahun 2024 dengan kategori Baik yang dikeluarkan oleh BNPP RI. Sehingga diharapkan, indikator dalam survei tersebut dapat menjadi panduan bersama dalam meningkatkan pelayanan yang prima kedepannya.
Selain arahan dari Kepala PLBN Badau, Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT) Satpel PLBN Badau Septyardhi Haryono, mengungkapkan kebijakan baru untuk menyederhanakan proses penanganan barang sitaan komoditas hewan, ikan, dan tumbuhan.
“Kami tidak lagi melakukan penahanan barang. Petugas akan langsung meminta pelintas untuk mengembalikan barang ke asalnya demi menjaga kenyamanan di lapangan,” jelas Septyardhi.
Sementara itu, perwakilan Loka Kekarantinaan Kesehatan PLBN Badau, Frans Desima Siregar, menyampaikan upaya optimalisasi pelayanan terkait impor jenazah WNI yang dipulangkan melalui PLBN Badau.
“Kami akan memastikan proses monitoring hingga jenazah diterima keluarga di kampung halaman berjalan lancar,” kata Frans.
Kemudian, Kasubsi Lalintalkim Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau, Muhammad Fahrul Rizki, turut menginformasikan bahwa Imigrasi Putussibau akan meluncurkan Pas Lintas Batas (PLB) atau Pas Merah yang baru dengan tampilan yang menyerupai Paspor.
“PLB ini akan dirilis usai Hari Bhakti Imigrasi pada 26 Januari 2025. Perubahan ini diharapkan dapat memonitor alur perlintasan masyarakat pengguna Pas Merah di kabupaten Kapuas Hulu yang memungkinkan pengawasan menjadi lebih ketat terhadap daftar cekal,” ungkap Muhammad Fahrul.
Melalui agenda ini, PLBN Badau mengajak seluruh pihak yang bertugas untuk memperkuat sosialisasi prosedur lintas batas melalui media sosial secara kolaboratif, mengenai tata cara atau prosedur lintas batas dan produk layanan di PLBN Badau.
Dengan kerja sama lintas sektor yang dilakukan di PLBN Badau, informasi mengenai pelayanan di PLBN Badau yang diberikan akan lebih komprehensif dan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Khususnya bagi masyarakat yang berada di kawasan perbatasan PLBN Badau atau para pelintas batas negara.
PLBN Badau optimis langkah ini akan memperkuat kinerja pelayanan, mendukung kenyamanan para pelintas batas negara, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan perbatasan negara.
Penulis: Fredrikus Hia
Editor: Bagas Ramadhandy
Share
Kategori Berita
Berita BNPP
PLBN
Berita Nasional
Berita Perbatasan
Pers Rilis
Berita Utama
Berita Terbaru
PLBN Badau Wujudkan Layanan Digitalisasi Lintas Batas melalui Penerapan QRIS Crossborder
PLBN Motamasin Perkuat Komitmen Zona Integritas, Wujudkan Pelayanan Publik Bersih dan Akuntabel
Upaya Pengembangan Simantipal, Lahan Bekas Sengketa RI - Malaysia
Tarian Dayak Agabag Sambut Tim Pengembangan Kawasan Simantipal Tiba di PLBN Labang
PLBN Aruk Dukung Transformasi Digital Layanan Publik Lewat Penerapan QRIS Crossborder
Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI)
Jl. Kebon Sirih No.31A, RT.1/RW.5, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340
021-31924491
info@bnpp.go.id
© Badan Nasional Pengelola Perbatasan - 2025